Minggu , 19 September 2021
Depan - Covid19 - Peringati Hari Jadi, DPRD Padang Gelar Rapat Istimewa
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Padang dalam rangka Hari Jadi Kota Padang
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Padang dalam rangka Hari Jadi Kota Padang

Peringati Hari Jadi, DPRD Padang Gelar Rapat Istimewa

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Memperingati Hari Jadi Kota Padang ke 349, DPRD Kota Padang gelar Rapat Paripurna Istimewa, di Gedung Bundar Sawahan, Selasa, 7 Agustus 2018.

Rapat paripurna istimewa DPRD Kota Padang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti dihadiri 35 orang anggota dewan.

Juga hadir, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy, Forkopimda Sumbar, Forkopimda Padang, kepala daerah kabupaten / kota, mantan walikota dan mantan anggota dewan serta BAKO IKK Padang.

Selain itu, ada juga ninik mamak dan bundo kanduang serta pemimpin partai dan organisasi politik di Kota Padang. Sebelumnya dua walikota dari Vietnam dan Jerman menyampaikan pidatonya dan mengucapkan terima kasih kepada para tamu Walikota Padang.

Berdasarkan SK Walikota Padang Nomor 188.45.22 Pada tahun 1986, Kota Padang didasarkan pada hasil rapat pleno DPRD Kota Padang pada 31 Juli 1986, jelas Elly Thrisyanti.

Selanjutnya, Walikota Padang, Mahyeldi menjelaskan sejarah pembantaian besar-besaran Belanda yang memonopoli perdagangan di Padang pada 7 Agustus 1669, menjadi sejarahpenting bagi warga Padang. Bagaimana tidak, penaklukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) tercatat sebagai hari kelahiran Kota Padang. Jumat (7/8), 349 tahun laluadalah usia ibukota Provinsi Sumbar.

Pada 7 Agustus 1669 secara resmi dianggap sebagai ulang tahun Kota Padang. Dicampur dari berbagai sumber, ada beberapa versi yang berkaitan dengan sejarah Kota Padang. Namun, kebanyakan menyebutkan bahwa pembentukan Padang HUT dimulai dengan serangan Koto Tangah dan Pauh ke benteng VOC atau Loji Belanda, agen perdagangan Belanda di Muaro Padang.

Menurut Walikota Padang, berdasarkan peristiwa heroik, itu menjadi momentum Hari Jadi Kota Padang untuk berkembang menjadi kota inti metropolitan dengan 11 kecamatan dan 104 kelurahan. Membangun Kota Padang dengan prioritas unggulan sebagai solusi untuk pengembangan Kota Padang.

Tujuan kemerdekaan jelas Elly Thrisyanti untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengisinya dengan kemajuan pertumbuhan yang signifikan.Sinergisitas Walikota Padang dan DPRD Kota Padang membangun kemajuan kota yang lebih baik.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Padang, Syahrul menyampaikan undangan dibagikan pada perayaan HUT Kota Padang untuk 349 tahun sekitar 1.000 ribu undangan. Tamu yang menghadiri acara ini berasal dari luar negeri, Walikota Hildeshiem (Jerman), Ba Ria Vung Tau Vietnam,  Anggota DPD RI, Dewan Perwakilan Rakyat dan mantan Walikota Padang.

Penerima pin emas dalam Perayaan 349 Kota Padang memiliki 11 warga kota, termasuk Prof. Dr. Andi Mustari Pide, SH. MH dalam katagori pendidikan.

Disisi lain, Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti juga membenarkan hal itu serta berharap dengan usia ke 349 Tahun Kota Padang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dari segala aspek.

“Meskipun Kota Padang diguyur hujan namun diharapkan usia 349 ini, Padang makin ‘tacelak’ lagi. Empat tahun kepemimpinan Mahyeldi Emzalmi berhasil mengelola keuangan Kota Padang dengan memperoleh penghargaan WTP secara berturut-turut, ujar kader Gerindra ini. (Salih)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Fachrul Razi Tegaskan Transformasi Kelembagaan Kejaksaan dan Polri

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi Menegaskan Pentingnya Transformasi Kelembagaan Kejaksaan ...