Minggu , 29 November 2020
Beranda - Pendidikan - Artikel - Perencanaan Strategis SIM Pendidikan
Desi Azmarianty
Desi Azmarianty

Perencanaan Strategis SIM Pendidikan

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Desi Azmarianty (Mahasiswa MPI Pasca Sarjana IAIN Batusangkar)

Perkembangan teknologi yang sangat cepat pada saat ini khususnya dalam bidang teknologi informasi dan sistem informasi manajemen (SIM) akan menyebabkan terjadinya perubahan – perubahan dalam sebuah organisasi. Perubahan tersebut akan memberikan dampak pada kinerja organisasi.

Sistem informasi manajemen mampu membuat sebuah organisasi melakukan keunggulan dalam bersaing (competitive advantage). Dalam hal persaingan yang kompetitif diperlukan juga sebuah perencanaan strategis sistem informasi manajemen. Termasuk juga dalam pengelolaan lembaga pendidikan, hal ini tentu harus sejalan dengan visi, misi dan tujuan sekolah tersebut.

Dalam hal informasi kita harus bisa berhati-hati dan menyaringnya, apakah informasi tersebut benar atau tidak. Sebagai mana yang disebutkan dalam Alquran surat Al-Hujurat/49 ayat 6 yang artinya,

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”.


Informasi sangatlah penting diteliti dari mana sumber serta kebenarannya agar tidak membuat sebuah keputusan atau perbuatan yang nantinya akan bisa merugikan diri sendiri dan kelompok.

Sejalan dengan itu untuk meningkatkan mutu pendidikan pemerintah telah mengeluarkan undang – undang no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Pada pasal 32 ayat 2 yang menyebutkan bahwa standar nasional pendidikan dugunakan untuk pemgembangan kurikulum, sarana prasarana, pengelolaan dan pembiayaan ini dilakukan pemerintah nuntuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) berasal dari kata Management Of Information System. System adalah elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi. Menurut Dr. Sopiansyah Jaya Putra, M.Si, dan A’ang Subiakto S.Kom, sistem adalah sebuah cara, proses atau prosedur yang teratur. Sistem adalah kumpulan bagian-bagian atau hal-hal yang berkaitan satu sama lain sehingga membentuk satu kesatuan.

Selanjutnya >>>

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dalam kegiatan FGD dengan tema "Implementasi Peran dan Tugas DPD RI Dalam Rangka Pemantauan dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah dan Peraturan Daerah" di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah

Mahyudin: DPD RI Punya Peran Strategis Dalam Pembentukan Hukum Pusat dan Daerah

SPIRITSUMBAR.COM, Kalimantan Tengah – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan DPD RI memiliki peran yang ...