Depan - Berita Pilihan - Perangkat Adat Harus Mampu Jalankan Aturan Adat
Ketua KAN Pembaruan Kenagarian lV Koto Hilia melantik Imam Khatib (foto - NIKO)
Ketua KAN Pembaruan Kenagarian lV Koto Hilia melantik Imam Khatib (foto - NIKO)

Perangkat Adat Harus Mampu Jalankan Aturan Adat

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pembaharuan, Kecamatan, Batang Kapas, AA. Dt. Rajo Penghulu, menekankan perangkat adat agar bisa menjalankan aturan adat dengan baik ditengah kaum.

Pengayoman dan pembinaan terhadap kaum yang dipimpin hendaknya menjadi pedoman dalam menjalankan hidup berkaum dan bermasyarakat di suatu daerah. “Perangkat adat adalah pemimpin kaum, pemimpin anak kemenakan, dan masyarakat. Ini hendaknya menjadi panduan dalam menjalankan aturan adat yang sebenarnya, ” katanya saat malewakan dua perangkat adat kaum Suku Kampai, di Dusun Kampung Hilir, Nagari IV Koto Hilir, Kecamatan Batang Kapas, Kamis (24/7/2016).

Pergantian itu dilaksanakan sehubung Manti dan imam Khatib yang lama telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, berbagai suku kaum ikut hadir dalam malewakan imam khatib dan manti  yang baru.

Asril Akhir Datuak Rajo Penguhulu langsung mengambil sumpah jabatan perangkat adat itu, yakni Asmen dari kaum Suku Kampai menggantikan Almarhum Amril dengan gelar Rajo Mudo dan Beni Indra menggantikan almarhum Januli Kalut dengan gelar Rajo Bagindo Malin.

Ia mengatakan terhitung, Kamis (14/7/2016), yang bersangkutan menyoal segala sesuatu jika terdapat kekeliruan dalam pengangkatan tersebut akan dirubah dikemudian hari.

“Jabatan Itu amanah, banyak menyangkut etika dan suri teladan. Beban yang telah disumpah dengan alquran itu sungguh berat. Bukan main-main” jelas dia.

Selaku pemimpin perangkat adat dari suatu kaum juga harus mampu menjadi teladan yang baik. Jika memiliki kecerdasan berbagilah, jika tidak maka belajarlah, ujar dia.

Dia mengatakan, dewasa ini peran dan fungsi perangkat adat mulai memudar. Karakter perangkat adat banyak yang tidak sesuai tugas dan fungsinya dalam menjalankan aturan adat sesuai dengan adat basandi sayarak, syarak basandi kitabullah.

“Inilah yang menjadi kesenjangan adat istiadat pada saat ini, perangkat adat kadang Tak meletakan sesuatu pada tempatnya, sehingga nilai adat tersebut menjadi hilang,” katanya lagi.

Maka dari itu, katanya, hendaknya karakter perangkat adat dibenahi. Aturan sesuai dengan aturan berjalan dengan baik. Sehingga peran perangkat adat dalam menjalankan aturan adat berjalan dengan baik.

Sebelumnya: Hanya di Batang Kapas, Ada Dua KAN pada Satu Nagari

NIKO

Prev   [ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ] Next

Spirit Sumbar
Spirit Sumbar

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Padang Lakukan Penyekatan PPKM dari RT Hingga Kelurahan

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV harus diimbangi dengan pengawasan ...