Senin , 27 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Peran Kepsek Dalam Ekstrakurikuler
Harnieti
Harnieti

Peran Kepsek Dalam Ekstrakurikuler

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Harnieti (Kepala SMPN 3 Kecamatan Lareh Sago Halaban)
Satuan pendidikan wajib menyusun program kegiatan setiap semester, salah satu program sekolah tersebut adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dirancang oleh Kepala Sekolah dengan guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan menunjang kegiatan intrakurikuler.

Agar kegiatan berjalan dengan baik sesuai dengan rencana, untuk itu perlu dilakukan upaya yang sistematis dan berkelanjutan, serta adanya monitoring dan evaluasi terhadap keterlaksanaan dari program tersebut.

Berdasarkan Permendikbud nomor 62 Tahun 2014, tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat menemukan dan mengembangkan potensi peserta didik. Serta memberikan manfaat sosial yang besar dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dengan orang lain.




Di samping itu kegiatan ekstrakurikuler dapat memfasilitasi bakat, minat dan kreativitas peserta didik yang berbeda-beda. Jadi melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dapat menyalurkan segala potensi, bakat, minat serta energi yang dimilikinya secara positif.

Artikel Lainnya

loading…


Selanjutnya juga dinyatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler termasuk di dalam rencana kerja tahunan satuan pendidikan, dan kegiatan ekstrakurikuler perlu dievaluasi pelaksanaannya setiap semester oleh satuan pendidikan. Tujuannya adalah agar pelaksanaan kegiatan berikutnya lebih baik lagi. Untuk itu kepala sekolah perlu meminta guru Pembina ekstrakurikuler untuk membuat laporan pelaksanaan kegiatan dan program tindak lanjut.

Berbagai bentuk kegiatan esktrakurikuler dapat dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Hal ini tentu saja tergantung kepada bakat minat peserta didik, sarana dan prasarana pendukung serta pembimbing kegiatan tersebut.

Sasaran utama dari kegiatan ekstrakurikuler ini adalah menghidupkan suasana sekolah, menyalurkan bakat, minat dan potensi siswa, serta dalam rangka mempersiapkan peserta didik dalam mengikuti berbagai lomba baik di tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi maupun nasional jika memungkinkan.

Kegiatan ekstrakurikuler dapat mendukung optimalisasi dari kegiatan intrakurikuler di sekolah. Apalagi bagi peserta didik kita yang memiliki energi potensial yang rentan disalaurkan pada hal-hal yang bersifat negatf. Apabila energi positif mereka telah terkuras untuk hal-hal yang bermanfaat, tentu akan berkurang atau bahkan tidak ada lagi kesempatan mereka untuk melakukan hal-hal yang negatif.

Dengan terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler sekolah, diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan terutama mampu menyalurkan bakat, minat dan potensi siswa pada setiap cabang.

Kepala sekolah berkewajiban merencanakan kegiatan ekstrakurikuler yang akan dilaksanakan di sekolahnya. Perencanaan tersebut harus disusun secara matang dengan mempertimbangkan berbagai hal. Diantaranya, kebermanfaatan, sarana dan prasarana yang ada, bakat dan minta siswa serta hal-hal lainnya agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik.

Selain itu kepala sekolah juga perlu melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang dipimpinnya. Dengan melaksanakan monev kepala sekolah akan dapat mengetahui sampai di mana keterlaksanaan program ekstrakurikuler yang telah dirancang.

Selain itu juga dapat menganalisis kendala-kendala yang mungkin dihadapi, apa penyebabnya dan bagaimana alternatif yang bisa ditawarkan untuk mengatasi kendala tersebut untuk dijadikan rencana tindak lanjut pada program berikutnya. Dengan demikian kepala sekolah dapat memberikan masukan dan pembinaan terhadap guru pembina ekstrakurikuler agar pelaksanaan kegiatan selanjutnya menjadi lebih baik.

Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap minggu sesuai dengan jadwal yang telah disusun dan disosialisasikan kepada guru. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan oleh guru pembina yang telah ditunjuk dan di SK kan oleh kepala sekolah.



Kegiatan ekstrakurikuler yang terkelola dengan baik, akan dapat membantu sekolah dalam hal: pertama, menentukan bidang yang bisa menjadi ikon sekolah. Kedua, mempersiapkan calon-calon utusan sekolah dalam mengikuti lomba-lomba. Ketiga, meneghidupkan suasana sekolah. Keempat, mengurangi resiko kenakalan peserta didik, sebab waktunya lebih banyak dimanfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat. Kelima, mengembangkan kreativitas, bakat dan minat peserta didik.

Setelah satu semester kegiatan ekstrakurikuler yang telah dilaksanakan, harus dibuatkan laporannya oleh Kepala Sekolah. Laporan kegiatan tersebut menggambarkan keterlaksanaan kegiatan, kendala serta bukti fisik pendukungnya yaitu daftar hadir pembina dan peserta didik, foto kegiatan dan lain-lain yang di sahkan oleh kepala sekolah.

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PT. X Dareh Group dan Polres Dharmasraya Gelar Gerai Vaksinasi Presisi Polri

SPIRITSUMBAR.com, Dharmasraya – Dalam pelaksanaan program pemerintah tentang Vaksinasi, PT. X Dareh Group bekerjasama dengan ...