Beranda - Pendidikan - Artikel - Pengambilan Keputusan Saat PJJ Masa Covid-19
Siska Eka Putri.
Siska Eka Putri.

Pengambilan Keputusan Saat PJJ Masa Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Meskipun demikian para manajer atau kepala sekolah yang menggunakan suatu model yang rasional intelektual dan sistematik akan lebih berhasil dibandingkan kepala sekolah yang menggunakan pendekatan yang bersifat informal. Setiap kepala sekolah dapat memilih pendekatan yang dianggap paling sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

Pembelajaran jarak jauh perlu dirancang agar dapat mengembangkan kompetensi peserta didik. Kuncinya harus dapat memfasilitasi PJJ bermakna dengan cara 5 M, yaitu, pertama, Memanusiakan hubungan.

Praktik pembelajaran yang dilandasi orientasi pada anak berdasarkan relasi positif yang saling memahami antara guru, peserta didik dan orang tua. Memanusiakan hubungan dengan orang tua dapat dilakukan dengan mengetahui cara belajar peserta didik.

Kebiasaan peserta didik dirumah, latar belakang keluarga, perkembangan dan proses belajar dan kondisi orang tua termasuk pengumpulan informasi terkait waktu yang paling tepat untuk mendampingi proses belajar anak sehingga tercipta suasana yang kondusif untuk belajar



Kedua, Memahami konsep. Praktik pembelajaran yang memandu peserta didik, bukan hanya sekadar menguasai konten tetapi menguasai kompetensi yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks. Guru dan orangtua dapat berdiskusi tentang aktivitas pembelajaran yang dilakukan di rumah. Misalnya memberikan umpan balik atau respon terhadap hal-hal yang dilakukan oleh anak dalam pembelajaran di rumah dengan mendiskusikan bersama guru.

Ketiga, Memilih tantangan Praktik pembelajaran yang memandu peserta didik menguasai keahlian melalui proses yang berjenjang dengan pilihan tantangan yang bermakna. Orangtua memastikan bahwa anak-anak dapat mengusai keahlian dengan berbagai pilihan cara yang sesuai dengan profilnya. Orang tua memberikan pilihan media dan cara untuk belajar atau melakukan tugas. Mendampingi anak saat belajar dan mengikuti jadwal belajar anak.

Keempat, Memberdayakan konteks. Praktik pembelajaran yang memandu peserta didik melibatkan sumber daya dan kesempatan di komunitas sebagai sumber belajar sekaligus kesempatan berkontribusikan terhadap perubahan.

Adanya kebijakan pembelajaran melaluidaring yang perlu dilakukan oleh sekolah karena adanya wabah covid, perlu diimbangidengan peran guru yang lebih mendalam. Kinerja guru dituntut sebagai bentuk profesionalitas.

Guru dipandang professional manakala hasil kinerjanya bagus. Salah satu tolok ukurnya yaitu peserta didik yang diajar mampu menyelesaikan proses pembelajarannya dengan baik.

Guru saat ini perlu melakukan pengembangan kompetensinya untuk dapat meminimalisir masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran melaluidaring di masa pandemi ini, sehingga proses belajar lebih baik.

<<<Sebelumnya   Selengkapnya>>>

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   [ 4 ]   [ 5 ]   [All]

 

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

paket pekerjaan Preservasi Jalan Nasional Padang Sawah – Batas Sumut

Jalan Nasional Padang Sawah – Batas Sumut Masih butuh Duplikat Jembatan

SPIRITSUMBAR.COM, Pasaman Barat – Jalan Nasional di Kabupaten Pasaman Barat di tahun anggaran 2020 melalui ...