Beranda - Pendidikan - Artikel - Pengambilan Keputusan Saat PJJ Masa Covid-19
Siska Eka Putri.
Siska Eka Putri.

Pengambilan Keputusan Saat PJJ Masa Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Strategi yang digunakan oleh pimpinan dalam pengambilan keputusan kurang sesuai dengan apa yang akan diputuskan sehingga keputusan yang diambil kurang efektif.

Keputusan Strategis merupakan keputusan yang sangat penting dan faktor penentu kesuksesan organisasi di masa yang akan datang. Keputusan ini juga merupakan faktor kritis yang membedakan antara keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi.

Mengingat pentingnya keputusan tersebut, seorang pembuat keputusan diharapkan dapat membuat suatu keputusan yang optimal. Dalam proses pengambilan keputusan tersebut, seringkali pengambil keputusan hanya mendasarkan pada cara yang sederhana dan mudah saja.

Hal ini terjadi karena terbatasnya kapasitas kemampuan dalam memproses informasi, sehingga pengambil keputusan hanya mengadopsi cara-cara sederhana dengan menggunakan mental strategis atau heuristics untuk mengatasi kompleksitas masalah yang terjadi. Fenomena ini juga terjadi pada saat pengambilan keputusan Strategis.



Aktivitas pengambilan keputusan strategis merupakan salah satu tanggung jawab pokok setiap kepala sekolah. Kualitas keputusan yang dibuat seorang kepala sekolah/manajer sangat penting peranannya bagi dua hal.

Pertama, kualitas keputusan manajer secara langsung memengaruhi peluang karier, penghargaan (reward), dan kepuasan kerja.

Keputusan manajerial memiliki kontribusi terhadap kesuksesan atau kegagalan suatu organisasi. Oleh karena itu seorang manajer harus selalu siap menghadapi evaluasi dan kritikterhadap setiap keputusan yang diambilnya.

Meskipun setiap kepala sekolah memiliki latar belakang, gaya hidup, dan karakter yang berbeda, tetapi kepala sekolah harus mengambil keputusan dalam rangka pencapaian tujuan lembaga pendidikannya dan bertanggung jawab atas hasil dari keputusan yang dibuat.

Kepala sekolah menghadapi situasi-situasi yang terdiri atas berbagai alternatif, dimana keputusan yang akan dibuat melalui proses perbandingan antara masing-masing alternatif dan evaluasi terhadap hasil keputusan yang bersangkutan.

Proses pengambilan keputusan melalui serangkaian tahap-tahap aktivitas yang menghasilkan keputusan. Banyak model pengambilan keputusan yang di kemukakan oleh para pakar. Satu hal yang perlu di perhatikan bahwa tidak ada satupun model yang dapat menjamin bahwa kepala sekolah akan selalu membuat keputusan yang benar.

<<< Sebelumnya    Selanjutnya>>>

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   [ 4 ]   [ 5 ]

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bareskrim Polri Selidiki Pelanggaran Paslon Pilgub Sumbar, Mulyadi-Ali Mukhni

SPIRITSUMBAR.COM, Jakarta—Bareskrim Polri mulai menyelidiki kasus dugaan tindak pidana pemilu pasangan calon Pilgub Sumatra Barat ...