Selasa , 24 November 2020
Beranda - Pendidikan - Artikel - Pengambilan Keputusan Saat PJJ Masa Covid-19
Siska Eka Putri.
Siska Eka Putri.

Pengambilan Keputusan Saat PJJ Masa Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Keempat, Akses internet yang sulit dan tidak stabil. Saat ini tidak seluruh daerah terjangkau jaringan internet. Selain itu jaringan internet juga sering tidak stabil. Hal ini juga merupakan hambatan dalam proses pembelajaran dengan sistem daring.

Keberadaan fasilitas jaringan merupakan hal yang utama dalam pembelajaran sistem daring. Keberadaan peserta didik yang jauh dari pusat kota ataupun jauh dari jangkauan jaringan provider tentunya tidak dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan lancar.

Terkadang peserta didik bersusah payah mencari tempat tertinggi seperti di bukit untuk mendapatkan koneksi yang lancar.



Kelima, Kemampuan belajar mandiri yang kurang. Kunci dalam pembelajaran daring adalah kemandirian peserta didik untuk belajar. Hal ini diawali dengan kesadaran peserta didik untuk belajar.

Peserta didik yang sadar atas kebutuhan dan tanggungjawabnya untuk belajar, akan terus berusaha mengikuti perkembangan dan tugas-tugas meskipun sulit. Oleh sebab itu, kemandirian sangat penting dalam proses belajar daring dimasa pandemi ini.

Kendala-kendala tersebut menuntut tanggungjawab guru dalam pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Kompetensi guru menjadi modal yang turut menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran melaluidaring

Berdasarkan keterbatasan dan permasalahan yang ada, Bagaimana pengambilan keputusan kepala sekolah agar pembelajaran jarak jauh tetap berjalan?

Pengambilan keputusan merupakan bagian dari proses pemecahan masalah. Dalam proses pemecahan masalah, pengambilan keputusan termasuk salah satu tahap yang dapat dikatakan mile stone atau titik yang krusial yang harus dilalui.

Setiap manajer atau pimpinan sebaiknya harus cekatan dalam mengambil keputusan mengenai sesuatu masalah atau hal tertentu. Pengambilan keputusan (desicion making) adalah melakukan penilaian atau menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan.

Dalam mengambil keputusan pimpinan harus berhati-hati, karena keputusan merupakan permulaan dari satu tindakan. Jika permulaan baik maka hasil dari pekerjaan pun akan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Kesalahan dalam pengambilan keputusan biasanya sadar atau tidak sadar dilakukan oleh para pimpinan organisasi. Kesalahan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Diantaranya adalah sumber informasi yang diperoleh pimpinan kurang.

<<< Sebelumnya    Selanjutnya>>>

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   [ 4 ]   [ 5 ]

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terima hibah aset barang milik negara

Dharmasraya Terima Hibah KemenPUPR Senilai Rp 31,7 Miliar

SPIRITSUMBAR.COM, Dharmasraya – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terima hibah aset barang milik negara dari Direktorat Jenderal ...