Minggu , 19 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Pengambilan Keputusan Saat PJJ Masa Covid-19
Siska Eka Putri.
Siska Eka Putri.

Pengambilan Keputusan Saat PJJ Masa Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Siska Eka Putri ( Mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Batusangkar)

Covid 19 saat ini telah menjajah negara Indonesia. Dimana penyebaran penyakit tersebut sangat cepat. Bukan hanya di Indonesia, bahkan di penjuru dunia saat ini juga mengalami krisis kesehatan.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan bahwa salah satu sektor yang terdampak adanya wabah ini adalah dunia Pendidikan. Hal tersebut membuat beberapa negara memutuskan untuk menutup sekolah maupun perguruan tinggi.

Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19, World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk menghentikan sementara kegiatan-kegiatan yang akan berpotensi menimbulkan kerumunan massa. Bahkan selama merebaknya, covid 19 di Indonesia, banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebarannya. Diantaranya adalah dengan social distancing, pakai masker, PSBB dan lain sebagainya.



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan surat edaran No. 4 Tahun 2020 mengenai pencegahan penyebaran covid 19 di dunia Pendidikan.Dalam surat edaran tersebut Kemendikbud menginstruksikan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dampak dari kebijakan ini, membuat para guru panik dan kaget. Karena mereka harus merubah metode dan moda pembelajaran agar materi tersampaikan secara baik kepada peserta didik.
Dampak dari belum meredanya wabah covid 19 ini menyebabkan pembelajaran masih akan terus dilakukan dari rumah masing-masing (study from home).

Salah satu alternatif agar pembelajaran tetap berjalan yaitu dengan pembelajaran dalam jaringan secara online. Pembelajaran online merupakan suatu kegiatan belajar yang membutuhkan jaringan internet dengan konektivitas, aksesibilitas, fleksibilitas, serta kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran.

Penelitian yang dilakukan oleh Zhang et al.,(2004) menunjukkan bahwa penggunaan internet dan teknologi multimedia mampu merombak cara penyampaian pengetahuan . Juga, menjadi alternatif pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas tradisional menjadi kelas online.

Pelaksanaan pembelajaran daring membutuhkan adanya fasilitas sebagai penunjang, yaitu seperti smartphone, laptop, ataupun tablet yang dapat digunakan untuk mengakses informasi dimanapun dan kapanpun.

Pembelajaran secara daring merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang memanfaatkan perangkat elektronik khususnya internet dalam penyampaian materi pembelajaran. Pembelajaran daring, sepenuhnya bergantung pada akses jaringan internet.

Selanjutnya >>>

  [ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   [ 4 ]   [ 5 ]

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...