Selasa , 21 September 2021
Depan - Covid19 - Penataan Ruang Kelas

Penataan Ruang Kelas

Print Friendly, PDF & Email

Dalam pembelajaran kelas rangkap penataan ruangan kelas penting untuk dilakukan dengan terencana.

Siswa dalam pembelajaran kelas rangkap di tuntut untuk belajar mandiri, mengerjakan tugas, mengambil dan mengembalikan bahan belajar, menyimpan alat, melakukan pengamatan baik secara individual maupun kelompok semuanya dilakukan secara terarah dan tidak diawasi oleh guru secara terus-menerus.

Karena siswa harus melakukan kegiatan sendiri dalam kelas, maka siswa-siswa tersebut harus akrab dengan ruangan kelasnya. Siswa harus merasa seperti ada dalam rumahnya sendiri, Untuk mendukung kegiatan siswa tersebut, maka ruangan kelas herus ditata dengan sangat baik.

Dalam penataan ruangan kelas sebaiknya guru mengidentifikasikan dan mendaftar semua benda yang ada dan menempatkan diruang kelas. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut, daerah pajangan, kemudahan bergerak, sinar atau cahaya, panas dan ventilasi, meja guru, sudut aktivitas, dan pengaturan denah.

Untuk ruangan kelas yang menarik dan membuat siswa betah dikelas salah satunya adalah memasang pajangan. Pajangan dapat berbentuk gambar, grafik, hasil karya siswa yang mengandung pesan pendidikan. Kita juga dapat menggunakan papan sebagai tempat untuk menempel pajangan baik yang dibuat oleh siswa ataupun guru. papan pajangan tersebut hendaknya berfungsi sebagai alat pengajaran yaitu untuk memberi informasi, menampilkan soal atau teka-teki dan mendorong siswa untuk bekerja sama.

Ruang yang kosong jangan dibiarkan begitu saja. Manfaatkan sebagai tempat yang lucu dan bermanfaat. Desainlah ruang kosong dengan berbagai atribut tak biasa tapi tak terlalu mahal. Bisa dengan bambu,kayu,atau bahkan daun-daunan bekas. Menarik dan segar bisa tetap ditonjolkan walaupun ruangan itu sempit.

Kondisi kelas sangat mempengaruhi semangat belajar para siswanya. Ruang kelas yang indah dan sedap dipandang akan membuat kelas menjadi nyaman dan asri. Guru yang kreatif hendaknya mampu menata ruangan kelasnya dengan baik dan senyaman mungkin, sehingga dapat meningkatkan minat serta keatifitas siswa dalam belajar.

Halaman

[  1  ]    [  2  ]

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kejar Target, Vaksinasi Sasar SMAN 6 Sijunjung

SPIRITSUMBAR.com, Sijunjung – Polres Sijunjung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, launching Gerai Vaksin tingkat sekolah ...