Beranda - Sumbar - Solok - Pemkab Solok Gelar Sosialisasi Untuk Tingkatkan Daya Saing UMKM
Bupati Solok, Gusmal meninjau produk unggulan UMKM kabupaten Solok

Pemkab Solok Gelar Sosialisasi Untuk Tingkatkan Daya Saing UMKM

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com,Arosuka-  Untuk memperluas pasar serta meningkatkan daya saing produk UMKM, Pemerintah Kabupaten Solok melaksanakan  sosialisasi pengenalan produk unggulan UMKM yang akan dikerjasamakan dalam pendistribusiannya melalui organisasi masyarakat Minang dan koperasi serta dengan rantau.baru baru ini di rumah Dinas Bupati Solok (Guest House) Arosuka.

Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM di rumah Dinas Bupati Solok (Guest House) Arosuka mengatakan, melalui kegiatan ini, diharapkan kepada para pelaku UMKM mempunyai optimisme yang tinggi dan harus bisa mencari pasar sendiri, agar perkembangan dan pemasaran produk UMKM  cepat dalam pemasarannya, sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan pelaku UMKM itu sendiri khususnya.

“mengucapkan terima kasih Kepada Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau provinsi Sumbar yang sudah menggagas kegiatan ini bekerja sama dengan Bagian Kerjasama daerah dan Dinas Koperindag Kab. Solok untuk membantu mempromosikan produk UMKM yang ada di daerah Kabupaten Solok,ujar Gusmal.

Dikatakannya, melalui kegiatan ini, diharapkan  para pelaku UMKM mempunyai optimisme yang tinggi dan harus bisa mencari pasar sendiri. Agar perkembangan dan pemasaran produk UMKM  berjalan lancar, sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan pelaku UMKM itu sendiri.

Untuk itu diharapkan  para pelaku UMKM, agar dapat lebih memperhatikan  penampilan atau kemasan produk sehingga menambah daya tarik pembeli atau konsumen. Disamping itu pelaku UMKM menjaga kualitas agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Begitu juga rasa dan harga juga harus dipertimbangkan, harga harus terjangkau dan tidak lebih mahal dari produk sejenis lainnya.

“Saya berharap Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini dapat ditindaklanjuti oleh Dinas Koperindag dan bagian KSD, agar permasalahan pemasaran produk UMKM kita cepat teratasi sebagaimana mestinya,”kata Gusmal.

Sementara itu,Kepala Dinas UKM, perindustrian dan perdagangan kabupaten Solok, Eva Nasri, SE, MM menerangkan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM Kab. Solok, agar didistribusikan kepada masyarakat Minang beserta koperasi dan para perantau baik itu lokal, nasional maupun internasional.

“Melalui data yang kami peroleh, jumlah UMKM yang tersebar di daerah Kabupaten Solok berjumlah lebih kurang 3000 UMKM, namun yang dapat hadir pada hari ini sekitar 40 UMKM saja,” kata Eva Nasri.

Diungkapkannya, salah satu yang menjadi permasalahan atau kendala di dalam pengelolaan produk UMKM ini adalah pemasaranya. Kondisi ini diperparah dengan adanya wabah Covid-19 yang melanda daerah kita sejak 5 (lima) bulan yang lalu. Semua ini membuat UMKM kita tidak bergerak dan terkena dampak yang cukup serius.

Untuk mengatasi masalah pemasaran itu, Pemerintah Kabupaten Solok berupaya  untuk menambah link pemasaran produk UMKM. Pemkab Solok sudah melakukan kerja sama dengan aplikasi Bukalapak dalam hal untuk pemasaran produk-produk UMKM, namun jumlahnya dibatasi oleh pihak penyedia aplikasi Bukalapak, hanya diperbolehkan 5 (lima) produk saja untuk saat ini.(L 10 NY)

Tentang Eri Satri

mm

Baca Juga

Ketua LKAAM Solok Minta Niniek Mamak Ikuti Perkembangan Zaman

Spiritsumbar.com,Arosuka– Niniek mamak harus bisa mengikuti zaman dan memperkuat diri di Kerapatan Adat Nagari (KAN) ...