Beranda - Bisnis - Pemerintah Diminta Sesuaikan Harga BBM

Pemerintah Diminta Sesuaikan Harga BBM

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Jakarta – Turunnya harga mentah dunia secara tajam mesti disikapi dengan penurunan harga BBM dalam negeri. Apalagi, pandemi virus corona makin menghimpit kehidupan masyarakat.

Untuk itu, pemerintah perlu menyesuaikan harga BBM dan tarif dasar listrik serta tetap menjamin pasokan dan distribusi ketersediaannya.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi VII DPR RI Rofik Hananto dalam keterangan persnya, terkait penurunan harga minyak mentah dunia ditengah mewabahnya Covid-19, Ahad (29/3/2020)

Baca : Harga Minyak Dunia Merosot, Apa Khabar BBM Non Subsidi



Artikel Lainnya

loading…


Dia mengatakan, pemerintah perlu menurunkan harga BBM khusus penugasan (Premium) dan BBM bersubsidi (Solar) dengan tetap memperhatikan tingkat harga keekonomian dalam rangka menjamin akses masyarakat bawah terhadap BBM tersebut. Selain itu, penurunan harga BBM nonsubsidi seperti jenis pertalite dan pertamax agar disesuaikan dengan daya beli masyarakat saat ini.

‚ÄúPemerintah melalui Kementerian ESDM harus segera menurunkan harga BBM khusus penugasan (premium) dan BBM bersubsidi (solar) dengan tetap memperhatikan tingkat harga keekonomian dalam rangka menjamin akses masyarakat bawah terhadap BBM tersebut, dan menurunkan harga BBM nonsubsidi seperti pertalite dan pertamax disesuaikan dengan daya beli masyarakat saat ini dengan tetap menjamin pasokan dan distribusi ketersediannya,” ujar Rofik .

Rofik menuturkan, sebulan yang lalu (24/2/2020) harga West Texas Intermediate (WTI) mencapai diatas 50 dollar Amerika Serikat (AS), dan saat ini sudah turun menjadi separuhnya, yaitu kurang dari 25 dollar AS. Namun, penurunan harga minyak internasional di tiga bulan pertama 2020 itu ternyata tidak diikuti oleh PT Pertamina. Harga BBM non subsidi yang mengikuti harga keekonomian duniapun tidak berubah.

Rofik juga mengusulkan agar Pemerintah memberikan kompensasi kepada kelompok masyarakat rentan, seperti pekerja informal dan pekerja harian. Menurutnya, kelompok ini yang paling terdampak pandemic Virus Covid 19.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, pada prinsipnya Pertamina selaku operator, Pertamina akan menyesuaikan dengan peraturan Pemerintah. Sampai saat ini harga BBM mengacu pada ketentuan dari Kementrian ESDM, dan Pertamina selalu comply dengan hal tersebut. (Salih/rel)

Baca : PMI Gandeng Eijkmen, Gunakan Plasma Darah Pasien Sembuh untuk Terapi Positif Covid-19



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

234 SC Regwil Pasbar, Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Spiritsumbar.com, Pasaman Barat – Sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia, dalam setiap kesempatan harus mampu ...