Beranda - Berita Pilihan - Pemerintah Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10
Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Pemerintah Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 telah dibuka hari ini mulai pukul 12.00 WIB. Nantinya bagi peserta Kartu Prakerja yang dinyatakan lolos akan memperoleh Nomor Kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan yang diinginkan.

Pelatihan dapat diikuti dengan membeli sejumlah pelatihan yang ada pada dashboard Kartu Prakerja. Masing-masing peserta akan mendapatkan dana untuk membeli pelatihan sebesar Rp 1 juta.

Selain itu, peserta penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan yang berlangsung selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan Rp 150.000.

Lantas, bagaimana pengelolaan dana pembayaran pelatihan sebesar Rp 1 juta ini? Menanggapi hal itu, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menegaskan, bantuan pelatihan harus dipakai untuk membeli platform pelatihan.



“Dana pelatihan hanya bisa dipakai untuk membeli pelatihan, tidak bisa diambil tunai atau membeli/membayar hal-hal lain di luar pelatihan,” ujar Louisa saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Pihaknya menjelaskan, penerima Kartu Prakerja harus mengambil pelatihan pertama dalam waktu 30 hari. Apabila penerima Kartu Prakerja tidak segera mengambil pelatihan, maka kepesertaannya akan dicabut.

Louisa juga menjelaskan, apabila ada sisa dana yang ada pada Nomor Kartu Prakerja akan dikembalikan ke kas negara. “Dana pelatihan yang tidak terpakai akan dikembalikan ke kas negara,” ujar Louisa.

Untuk mendaftar Kartu Prakerja dapat mengunjungi situs resmi www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mendaftar Kartu Prakerja. Bagi yang akunnya sudah diverifikasi, selanjutnya login dan klik “Gabung” ke Gelombang 10 agar dapat masuk ke tahap seleksi.

Sebelum mendaftar, pastikan syarat-syaratnya:
1. Warga Negara Indonesia
2. Berusia di atas 18 tahun
3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Cara daftar:
1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu
2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri.
3. ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun
4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
5. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka
6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq

Cara dapatkan insentif Sementara, ketika sudah menjalani pelatihan, tahap selanjutnya yakni mengisi survei kebekerjaan.

Melalui survei tersebut, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja ingin mengevaluasi peran pelatihan yang diikuti dalam kondisi kebekerjaan dan kondisi sosial ekonomi penerima.

Untuk mengisi survei, penerima Kartu Prakerja dapat mengakses di laman prakerja.go.id. Adapun waktu pengisian survei sekitar 20-30 menit. Oleh karena itu, baiknya peserta dapat mencari tempat yang nyaman agar dapat menyelesaikan dengan baik.

Dalam proses pengisian, peserta diharapkan memberikan jawaban sejujur-jujurnya. Karena, jawaban itu akan digunakan sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan Program Kartu Prakerja agar bisa lebih baik.

Di sisi lain, jika penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, maka insentif pelatihan hanya diberikan pada saat pelatihan pertama selesai. Insentif tersebut juga akan diberikan ketika peserta telah memberikan ulasan dan penilaian terhadap Lembaga Pelatihan.

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pardi.

Proses dan Implementasi Perencanaan Pendidikan

Oleh : Pardi ( Mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Batusangkar ) Dalam hal apapun, perencanaan tentu ...