Depan - Info Terkini - Pemenang Pilkada Menunggu Keputusan MK

Pemenang Pilkada Menunggu Keputusan MK

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Datar hingga sekarang belum menetapkan pemenang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar. Meskipun pasangan Irdinansyah Tarmizi – Zuldafri Darma sudah ditetapkan meraih suara terbanyak melalui sidang pleno.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Tanah Datar Arwin, S.Pd.I ketika dikonfirmasi wartawan seputaran penetapan Pilkada Tanah Datar, Selasa (5/1/2016).

“Hingga saat ini belum ditetapkan, mengingat ada gugatan sangketa Pilkada dari salah satu pasangan calon yang ikut bertarung dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu” ujar Arwin.

Ketua KPU Arwin menambahkan bahwa sebagai pelaksana Pilkada, pihak komisioner KPU Tanah Datar beraharap dan menginginkan hal ini cepat selesai. Namun karena adanya gugatan sangketa Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK), maka tentu kita tunggu keputusan dari MK tersebut paling lambat tanggal 13 Februari 2016.

Senada dengan itu, Komisioner Teknis KPU Tanah Datar Alni, SH dalam keterangannya mengatakan, dalam hal penetapan pemenang Pilkada Serentak ini, jauh-jauh sebelumnya pihak MK sudang mengingatkan agar tidak terburu-buru melaksanakan penetapan.

Karena tidak tertutup kemungkinan adanya sengketa Pilkada. “Berpedoman kepada Surat MK tanggal 21 Desember 2015 tentang penetapan pemenang Pilkada ini, komisioner Tanah Datar memang cukup hati-hati dalam menyikapinya,” tutur Alni.

Komisioner Alni mengakui juga, hingga sekarang pihak MK belum memberi tahu atau memanggil KPU Tanah Datar untuk melakukan klarifikasi. Namun demikian, jika pihak MK membutuhkan klarifikasi tentang Pilkada Tanah Datar ini kita sudah siap menghadapinya, sesuai dengan data dan bukti-bukti yang ada di KPU Tanah Datar.

DAVID

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Padang Lakukan Penyekatan PPKM dari RT Hingga Kelurahan

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV harus diimbangi dengan pengawasan ...