Selasa , 21 September 2021
Depan - Advertorial - Pelabuhan Teluk Tapang Butuh Suntikan Rp600 Miliar
Wagub Nasrul Abit bersama Bupati Syahiran di Pelabuhan Tapang, Pasaman Barat
Wagub Nasrul Abit bersama Bupati Syahiran di Pelabuhan Tapang, Pasaman Barat

Pelabuhan Teluk Tapang Butuh Suntikan Rp600 Miliar

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Air Bangis – Pengoperasian pelabuhan Teluk Tapang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat  terkendala akses jalan yang belum rampung. Pemprov Sumbar dan Pemkab Pasaman Barat berharap pemerintah pusat menyediakan anggaran untuk pembangunan jalan tersebut diperkirakan sebesar Rp600 Miliar.

“Akses jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang ada sekitar 42 kilometer. Saat ini sekitar 13 kilometer sudah dibuka, sisanya belum sehingga pelabuhan ini belum bisa beroperasi,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit didampingi Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat meninjau Pelabuhan Teluk Tapang, Selasa 21 November 2017.
Artikel Lainnya

loading…


Ia mengatakan untuk membangun jalan itu pihaknya sangat berharap adanya bantuan dari pemerintah pusat. Sebab, mamakan biaya yang tinggi diperkirakan mencapai Rp600 Miliar.

Pembangunan akses jalan ke pelabuhan baru di Teluk Tapang, Air Bangis Pasaman Barat membutuhkan anggaran Rp600 miliar. Dana sebesar itu dibutuhkan agar pelabuhan tersebut bisa beroperasi.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengakui pembangunan jalan ke lokasi itu memang terkendala infrastruktur pendukung seperti bangunan di sekitar pelabuhan dan status hutan lindung. Sehingga kendala sektor pendukung pengoperasian pelabuhan yang mulai dibangun pada tahun 2006 lalu perlu diiventarisasi kembali.

Menurut data, terdapat 37 kilometer dan 8 jembatan lagi yang perlu dikerjakan, dan untuk menuntaskan hal tersebut menghabiskan Rp600 miliar. “Dana itu untuk menuntaskan pengerjaan akses penghubung dari jalan raya hingga ke pelabuhan,” kata Kepala Dinas PU Sumbar, Fathol Bari.

Menurutnya tahun depan, akan dibangun jalan sepanjang 2,5 kilometer dari Dana Alokasi Khusus sebesar Rp10 miliar.

Sementara itu, Wagub Sumbar Nasrul Abit menjelaskan “Kita akan buat rekomendasi ke Kementrian Perhubungan dan Kementrian PU agar pembangunan jalan menuju Teluk Tapang diprioritaskan. Sebab, pelabuhan ini sudah dibangun sejak 2006 silam, kita menargetkan pelabuhan baru teluk tapang bisa beroperasi tahun depan.

Menurutnya keberadaan pelabuhan sangat strategis untuk membantu Pelabuhan Teluk Bayur Padang sehingga potensi alam bisa dibawa melalui jalur laut.

Berikutnya>>>

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   Selanjutnya

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Profil Syawal

mm
mencoba menjadi lebih baik dari yang terbaik

Baca Juga

Masyarakat Cemas, Sekdaprov Sumbar : Tidak Ada Pungutan untuk Jabatan dan Penerimaan CPNS

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Hangatnya isu mutasi, rotasi, promosi pejabat eselon II, eselon III dan dan ...