Depan - Berita Pilihan - Partisipasi Nasional 64,02, Golput Menang Telak

Partisipasi Nasional 64,02, Golput Menang Telak

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Ketua DPD RI, Irman Gusman  saat menyampaikan refleksi akhir tahun mengatakan, Indonesia baru saja melaksanakan pilkada serentak di 264 daerah, mulai dari Propinsi, Kota dan Kabupaten.

“Kita bersukur pilkada berjalan telah berjalan cukup lancar dan sukses tanpa gejolak berarti, walaupun tingkat partisipasi pemilih jauh dibawah yang di targetkan Komisi Pemilihan Umum, KPU yakni 77,5 persen dari pemilih terdaftar,” kata Irman.

Tidak cuma itu, dari monitoring DPD RI, kata Irman lagi, pilkada serentak masih menyisahkan tiga masalah baru. Pertama, penundaan Pilkada Gubenur Kalimantan Tengah dan beberapa kabupaten, sehingga hanya 264 daerah yang bisa melaksanakan pilkada dari 269 pilkada yang semula di rencanakan serentak.

Kedua, kasus calon tunggal karena adanya indikasi “partai diborong” oleh pasangan calon tertentu dibeberapa daerah.

Masalah ketiga, tingkat partisipasi pemilih hanya 64,02 persen untuk pemilihan bupati dan walikota, dan 64,78 persen untuk pemilihan gubenur, pungkasnya.

Seperti dari, rekapitulasi Pemilihan Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu, dari 3.496.836 pemilih yang masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Sumbar. Namun hanya 2.079.063 orang yang mendatangi TPS (Tempat Pemungutan Suara) atau 59,46 persen. Selebihnya, 1.417.773 orang yang memiliki hak suara tidak mendatangi TPS.

Dari pemilih yang menggunakan hak suara, Irwan Prayitno–Nasrul Abit (IP-NA) unggul dengan perolehan 1.175.858 suara atau 58,62 persen dari jumlah suara yang masuk. Sedangkan paslon nomor urut 1, Muslim Kasim–Fauzi Bahar (MK-FB) memperoleh 830.131 suara atau 41,38 persen dari total suara yang masuk.

Erwin Kurai

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pertashop Hadir di Sikabu, Bupati Padang Pariaman Merasa Senang

Padang Pariaman – Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur SE MM, tampak begitu sumringah ketika meninjau ...