Sabtu , 18 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Partai Ummat Dapat Respon Positif Keluarga Besar Muhammadiyah Sumbar
Ketua TP3U Sumbar, H. Taslim Chaniago saat audiensi dengan keluarga besar Muhammadiyah Sumbar
Ketua TP3U Sumbar, H. Taslim Chaniago saat audiensi dengan keluarga besar Muhammadiyah Sumbar

Partai Ummat Dapat Respon Positif Keluarga Besar Muhammadiyah Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang   –  Tim Persiapan  Pendirian Partai Ummat (TP3U) Sumatera Barat gelar audiensi dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar beserta organisasi otonomnya di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jln H. Agus Salim, Sawahan Padang, Kamis, 8 April 2021.

Ketua TP3U Sumbar, H. Taslim Chaniago mengucapkan terima kasih kepada PWM yang telah menerima kedatangan TP3U Sumbar untuk beraudiensi.

“Tujuan audiensi ini adalah dalam rangka silaturrahmi dan taaruf, sehubungan dengan telah terbentuknya TP3U Prov. Sumbar. Partai Ummat meyakini sepenuhnya bahwa sangat banyak terdapat kesamaan dengan Muhammadiyah sebagai organisasi gerakan dakwah,” ujar Taslim yang juga Mantan Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini.

Anggota DPR RI periode 2009 – 2014 ini menegaskan, yang paling mendasar adalah kesamaan prinsip dan tema perjuangan. Yakni, melakukan amar makruf, nahi munkar, dan menegakan keadilah dan memberantas kezaliman.

“Muhammadiyah bergerak di bidang dakwah dan sosial. Sedangkan partai Ummat bergerak di bidang politik. Oleh sebab itu kedepan Partai Ummat, terutama di Sumatera Barat harus bersinerji dengan Muhammadiyag sampai ketingkat paling bawah yaitu ranting,” ujar Taslim.

Dia mengaku optimis bahwa Muhammadiyah di Sumbar akan memberikan dukungan kepada partai Ummat, dengan beberapa alasan. Antara lain, kesamaan prinsip dan tema perjuangan. “Partai Ummat didirikan oleh tokoh Muhammadiyah Bapak H.M. Amien Rais, yang menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah,” ujarnya.

Dia mengungkapkan cukup banyak kader dan aktifis Muhammadiyah yang jadi inisiator pendiri partai Ummat. Baik di tingkat provinsi mapun Kabupaten Kota dan sampai ke Kecamatan.

“Kami optimis, partai Ummat akan mendapat tempat dan dukungan dari masyarakat Sumbar. Terutama karena ketokohan pak Amien Rais, yang selalu konsisten dengan perjuangan amar makruf nahi munkar dan menegak keadilan dan melawan kezaliman. Ketika banyak yang tiarap, dan legeslatif diam, beliau tampil di depan membela kepentingan ummat,” ujarnya

Sekretaris TP3U, H. Apris menginformasikan bahwa sampai saat ini sudah terbentuk 100 persen TP3U di 19 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat. Lebih kurang 70 persen TP3U Kecamatan se Sumatera Barat. Ditargetkan sampai akhir bulan Apris 2021 sudah bisa tuntas 100 persen di 179 Kecamatan, se Sumbar.

“Kami banyak mendapat kemudahan dalam membntuk kepengurusan TP3U di daerah. Karena berkat adanya dukungan dari pimpinan dan kader kader Muhammadiyah, juga dukungan dari tokoh masyarakat dan ummat,” ujar Apris yang juga menjabat Ketua Kwarwil Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Muhammadiyah Sumatera Barat ini.

Sedangkan Ketua Pengarah, TP3U, Dasril Ilyas, berharap kiranya Pimpinan Wulayah Muhammadiyah Sumatera Barat , memberikan kelonggaran kepada kader dan pimpinan Muhammadiyah di dareah dan cabang serta para pimpinan amaml usaha, untuk ikut serta menjadi insiator pendirian partai ummat dan juga jadi pengurus partai ummat nantinya.

“Kami juga berharap kiranya PWM selalu memberikan masukan kepada Partai Ummat, untuk bisa selalu bersinerji dengan Muhammadiyah dalam melaksanakan kegiatan dan programnya,” ujar Mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat ini.

Ketua PWM Sumbar, H. Shofwan Karim menyambut baik kedatangan TP3U Sumbar. Kunjungan ini menurutnya sangatlah penting. Karena dapat memberikan informasi, sudah sejauh mana keberadaan dan perkembangan partai ummat di Sumbar.

“Kehadiran Partai Ummat, tidaklah terlepas dari Muhammadiyah, karena Prof. H.M. Amien Rais, sebagai pendiri Partai Ummat adalah kader dan tokoh Muhammadiyah dan Mantan Ketua PP Muhammadiyah, yang dalam jiwa dan pikiranya telah mengkristal Muhammadiyah.

“Menurut saya, perjuangan pak Amien Rais, akan selalu mendapat dukungan dari warga dan kader Muhammadiyah Sumatera Barat, dan juga dukungan dari segenap tokoh dan ummat Islam di ranah minang ini. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya, konsistensi beliau sejak era reformasi dulu sampai sekarang tetap kritis menyikapi berbagai fenomena yang merugikan umat Islam Indonesia.

Hal sama dikatakan Sekretaris PWM Sumbar, H. Nurman Agus.
“Kami menyambut baik kedatangan Partai Ummat beraudiensi ke PWM Sumbar. Meskipun partai ummat sebagai partai baru, tapi kami sudah merasa tidak asing dengan partai ini. Karena cukup banyak kader-kader Muhmmadiyah menjadi inisiator pendirinya, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat Kabupaten dan Kota serta kecamatan,” ujarnya.

Dia berharap, kalau partai ini sudah bersar jangan sampai kader kader Muhammadiyah yg sudah jadi pendiri ditinggalkan dengan berbagai alasan.

Sedangkan Ketua Harian PWM Sumbar, H. Solsafat mengatakan selama ini Muhammadiyah selalu menjaga kedekatan dengan partai politik. Dengan kehadiran partai Ummat tentu kedekatan itu akan semakin terasa, karena banyaknya kesamaan antara Partai Ummat dengan Muhammadiyah. Inilah yang perlu dirawat dan dikembangkan terus.

“DIharapkan hubungan kedekatan Muhammadiyah dengan Partai Ummat itu melalui 4 proses, pertama taaruf, saling mengenal, kedua, taawun, saling membantu, ketiga, tafahum, saling memahami dan takaful saling member manfaat. Diharapkan kader kader Muhammadiyah yang di Partai Ummat dapat mewujukannya,” ujarnya.

Dia meyakini untuk Sumatera Barat, bisa berharap kalau bisa bagi Partai Ummat , Muhammadiyah itu dapat menjadi basis sebagai pendukung utamanya. Dan ini tentu tergantung keapda upya yg dilakukan oleh pimpinan partai Ummat.

Wakil Ketua PWM Sumbar Bakhtiar juga menginginkan
Partai Ummat bisa menjadi ladang amal bidang politik bagi kader kader Muhammadiyah yang ingin terjun berjuang melalui partai politik.

“Diharapkan kader kader Muhammadiyah yang berada di Partai Ummat dapat memberikan warna Islami dan Muhammadiyah. Sehingga partai ini bisa selalu konsisten dengan garis memperjuangannya seperti yang tertuang dalam Mukaddimah Partai Ummat, yaitu menegakan keadilan dan melawan kezaliman.

Audiensi dihadiri, H. Dasril ILyas, Taslim Chaniago, H. Apris Yaman dan H. Sabrana. Juga hadir, Hj. Etna Estelita, H. M.Tauhid, H. Amsir, Hj. Sarlinawati dan Fajril Ale.

Dari PWM Sumbar, H. Shofwan Karim, Ketua, (melalui Zoom), H. Nurman Agus, sekretaris, Abdurrahman Chan Bendahara. Dari unsur wakil ketua, H. Solsafat, Bakhtiar dan Dasrzal Dahlan.

Juga hadir dari organisasi otonomi (Ortom). Yakni, PW Aisyiyah, PW IPM, PW Pemuda Muhammadiyah, PW NA, Kwarwil Hizbul Wathan, dan Tapak Suci.

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Supardi bersama 4 Remaja Parlemen asal Sumbar

Supardi Beri Dukungan, 4 Siswa Sumbar Ikut Parlemen Remaja

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi dukung ...