Selasa , 21 September 2021
Depan - Pariwisata - Destinasi - Pantai Taluak Kasai, Pesona Baru Wisata Pesisir Selatan
Pantai Taluak Kasai dan Labuang Baruak yang diidamkan warga menjadi destinasi wisata dengan dukungan Pemkab Pessel. (foto Niko – Spirit Sumbar)
Pantai Taluak Kasai dan Labuang Baruak yang diidamkan warga menjadi destinasi wisata dengan dukungan Pemkab Pessel. (foto Niko – Spirit Sumbar)

Pantai Taluak Kasai, Pesona Baru Wisata Pesisir Selatan

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar –  Jika pemerintah daerah mampu mengelola dan mendukung penuh Pantai Taluak Kasai dan Labuang baruak (Labuhan baru) di Kecamatan Batang Kapas menjadi destinasi wisata lebih baik secara serius. Maka tidak menutup kemungkinan lokasi itu bakal diserbu pengunjung.

Begitu pendapat beberapa tokoh masyarakat setempat, menyoal keindahan lokasi pantai yang bersih dan putihnya pasir serta disuguhi pemandangan alami, suasananya lebih menakjubkan dari pantai Carocok Painan. Rabu (19/7/2016).

Kalau kesiapan dan kesadaran masyarakat lokal disana untuk mendukung kemajuan dunia pariwisata, mereka sudah berpartisipasi dengan baik. ” Kami bersama masyarakat terus mendukung untuk kemajuan lokasi wisata di taluak kasai dan sekitar. Tapi bila tanpa campur tangan pemerintah daerah untuk memajukannya, tentu perkembangannya tidak seperti kawasan wisata yang pernah didukung pemkab” kata Andra selaku Kepala Kampung setempat.

Bukti keseriusan dan kesadaran masyarakat mendukung tempat itu sebagai destinasi wisata, masyarakat telah pro aktif membersihkan  area pantai dari pencemaran lingkungan seperti sampah-sampah yang berserakan. “Kami saja, yang selalu melihat lokasi ini setiap hari tidak kunjung bosan. Apalagi pengunjung baru. Jika tidak percaya sesekali cobalah kunjungi kawasan ini” ulas dia.

Di sekitar Batang Kapas, beberapa lokasi yang memiliki potensi untuk dijadikan kawasan wisata lebih baik, diantaranya, Pantai Taluak Kasai, Labuang Baruak, Sungai Tawar indah, Pantai Taluak serta lokasi pemandian di Kampung Jalamu.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata ekonomi kreatif dan pemuda olahraga, Pesisir Selatan, Gunawan mengakui bahwa lokasi pantai taluak kasai dan Labuang baruak memang sangat indah. Bahkan tempat itu dijadikan sebagai kawasan wisata strategis yang menjadi penyanggah dengan kawasan pantai Carocok Painan.

“Namun, kita sekarang lebih fokus pada kawasan Mandeh yang telah didukung pemerintah pusat. Banyak hal yang harus dibenahi menyoal laju pariwisata. Tidak hanya tersangkut dengan dana pengelolaan, tapi pemberdayaan masayarakat dan pembentukan SDM juga berperan signifikan,”  tutur dia saat membawa investor ke pulau Marak di kawasan Mandeh bersama Bupati Hendrajoni baru baru ini.

Bila lokasi itu terealisasi sesuai keinginan bersama. Masyarakat dan pemerintah daerah juga akan menuai keuntungan dikemudian hari. Bagi masyarakat, laju perekonomian bisa meningkat. Sedangkan Pemkab, menambah pendapatan asli daerah (PAD) jika segala pengelolaan wisata tertata dengan baik.

“Sudah saat nya, Pantai Taluak Kasai-Labuang baruak diperjuangkan menjadi destinasi wisata, Kalau bisa Pak bupati dan Wabup serta dinas terkait coba lihat lokasi kami ini,” pinta warga di sana

NIKO

Spirit Sumbar
Spirit Sumbar

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Derita Lumpuh, Irwan Basir Saluran Bantuan pada Yeni Asma

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Bentuk kepedulian sosial, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo ...