Minggu , 26 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Novel Populer Dahulu dan Kini
Dwi Nurini
Dwi Nurini

Novel Populer Dahulu dan Kini

Print Friendly, PDF & Email

Menurut sumber di (remajasampit.blogspot.com) bahwa novel serius/sastra mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :1) Masalah percintaan banyak diangkat,tapi bukan masalah utama (seperti: Novel Siti Nurbaya, salah asuhan), 2)Masalah kehidupan amat kompleks (seperti: kub sosial, maut, ketuhanan, takut, lemas dll).

Selanjutnya, 3)Mengungkap sesuatu yang baru dengan cara yang baru pula. 4) Tidak mengabdi pada selera pembaca, 5) Mengambil realitas kehidupan yang bersifat universal sebagai model, 6) Tujuan menghibur,memberikan pengalaman berharga bagi pembaca (kontenplatif-perenungan) , 7) tetap bertahan sepanjang zaman,(seperti :Romeo and Juliet )

Mana yang lebih bagus ? Novel populer atau novel sastra? Novel populer yang ngetren pada tahun 70 an di awali dengan novel- novel yang bertema percintaan dan novel – novel itu pada umumnya di angkat ke layar lebar. Novel populer yang dulunya dipelopori oleh penulis seperti Motinggo Busye, Ashadi Siregar, Mira W, Marga T, Dee Supomo dan V.Lestari merupakan novel yang banyak yang di ganrungi kaum pembaca.

Novel ini pun diangkat ke layar lebar dan menjadi cerminan pada masyarakat karena penggambaran watak para tokoh yang di perankan secara halus dan berkarya pun mudah di cerna pembaca/penonton. Novel populer sekarang penggambaran watak tokoh lebih vulgar (terang-terangan).Nama-nama tokoh tidak menunjukan identitas tradisi.

Kulturnya (seperti nama:Yance, Boy, Sisca,Freud) yang justru nama-nama tokoh dari barat begitu juga remaja zaman sekarang lebih suka pada gaya barat. Baik dari nama tokoh,model baju,gaya penampilan yang semua meniru gaya berat dan sudah di aplikasikan dalam novel populer.

Tokoh-tokoh dalam novel populer tahun 70 an usianya lebih dewasa dibandung novel populer tahun 70 an yang tokoh juga pada umumnya remaja lalu bagaimana dengan novel populer tahun 70 an. Dari segi tema tidak jauh beda yaitu tentang cinta Dari segi tokoh,utamya pada umumnya orang yang terjerat dalam masalah sosial remaja. Bagaimana dengan novel populer tahun dan masa kini? Novel tahun 90 an bisa di katakan lebih serius dan segi cerita dibandingkan novel 70 an dan 80 an.sedangkan novel masa kini (2000 an) lebih banyak ceritanya tidak hanya melibatkan tokoh remaja namun juga orang yang tidak berkeluarga.

Jadi novel populer berkembang pada zamannya soal orang menimati sebagai budaya bersama dengan,Cerita realitas yang sedangkan berkembang dengan gaya bahasa yang lebih majemuk

Sebelumnya

Halaman

[  1  ]    [  2  ]

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...