Beranda - Bisnis - Wirausaha - Nilam Pasaman Barat Tembus Pasar Internasional
Nilam
Nilam

Nilam Pasaman Barat Tembus Pasar Internasional

Print Friendly, PDF & Email


Spirit Sumbar – Pasaman Barat sekarang sedang galakkan pertanian Nilam. Pasaman Barat yang berbukit sangat cocok untuk bertanam nilam. Sehingga tanaman yang cocok dengan geografis Pasaman Barat ini bakal menjadi petro Dollar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menariknya, daerah plasma di seputarannya masyarakat telah ditanami nilam sebagai selingan jagung dan juga kelapa sawit. “Saat ini harga nilam sudah agak membaik, yakni Rp650 ribu per kg nya,” ujar Amir, petani nilai disela kegiatannya sedang membuat potongan tampang nilam yang akan di bibitkan Sabtu 27/2/16.

Dia menambahkan, saat ini nilam sudah menerobos pasar internasional. Dia mengakui dengan mengirim 100 kg nilam bulan kemaren telah dihargai Rp6.5 juta. Juga pihak luar negeri meminta daun nilam untuk mereka olah di negaranya.

“Peluang Nilam pada saat ini memiliki pasar yang cukup bagus. Harapan saya agar petani nilam di pasaman Barat bisa menjaga kualitas nilam yang disuling sehingga pasar nilam pasaman barat bisa bersaing dengan daerah lain,” ujarnya.

Juga daerah timur Pasaman Barat yakni Ujung Gading warga juga sudah banyak bertanam Nilam. Saat ini Pasaman Barat menjadi pemasok nilam yang terbaik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup bagi masyarakat.

M. RUM

Lebih lengkap, baca:

The Public Edisi 13/29 Februari – 6 Maret 2016

The Public Edisi 13 hal 24/ 29 Februari - 6 Maret 2016
The Public Edisi 13 hal 24/ 29 Februari – 6 Maret 2016


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Erman saat membimbing para SMPN 4 Koto XI Tarusan dalam kegiatan whorkshop yang digelar Senin, 6 Juli 2020

Erman Berbagi Kiat PBM di Masa Pandemi pada Guru SMPN 4 Tarusan

Spiritsumbar.com, Pesisir Selatan – Seorang guru harus mampu membuat rencana pembelajaran dengan efektif dan maksimal ...