Kamis , 23 September 2021
Depan - DPRD Sumbar - Nasrul Abit : Camat Harus Agresif

Nasrul Abit : Camat Harus Agresif

Print Friendly, PDF & Email

Wagub Nasrul Abit, Minta Kinerja Camat Lebih Baik Lagi

Padang. Wakil Gubernur Sumatera barat Nasrul Abit membuka Rapat Kerja Antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Camat Se-Sumatera Barat di Hotel Rocy sengan tema Paran Camat Dalam Penyelenggara Pemerintahan di wilayah Kecamatan, Rabu malam, (24/10/2018)

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan, pentingnya camat dalam mengkoordinasikan aktifitas pembangunan didalam wilayah kecamatan yang dipimpinnya. Saat sekarang seakan-akan walinagari lebih menonjol dibandingkan peran camat dalam koordinator pembangunan di daerah.

Camat yang baik itu selalu proaktif mengenali wilayah kepemerintahan di kecamatan, baik potensi daerah, adat dan budaya, aspirasi masyarakat yang berkembang serta berupaya menyalurkan dalam sistem pemerintahan sesuai kewenangan yang ada di wilayah camatan.

Pak Camat jangan suka menunggu dikantor saja, tapi selalu mengamati apa-apa yang terjadi, karena tak semua walinagari paham dan tahu dalam menjalankan fungsi pemerintah di nagari, tentunya pembinaan yang koordinatif akan mampu meningkatkan pembangunan nagari-nagari yang ada diwilayah kecamatan, ajak Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abut juga mengingatkan para camat agar bekerja profesional dalam kinerja serta juga mampu menciptakan kondisi yang kondusif dengan adanya karyawan yang berkompeten namun kenyamanan kerja karyawan tidak semua dengan uang tapi pola manajemen yang baik dan bersih.

Peran dan fungsi camat sudah jelas dalam aturan perundang-undangan, dengan berkoordinasi selalu bersama Walinagari serta dengan Kepala Daerah untuk melihat dan mengembangkan potensi yang ada di daerah masing-masing.

Lakukan pelayanan dengan baik, dengan tidak mempersulit setiap ada investor yang datang dan mau menanamkan modalnya. Selagi sesuai dengan standar aturan yang jelas dan mampu memberi dampak memajukan pembangunan daerah dalam upaya mendorong kesejahteraan masyarakat, kenapa tidak.

Dan dalam memastikan investor mau ikut serta dalam memajukan daerah tentu juga persoalan batas nagari perlu di selesaikan dengan baik agar tidak terjadi perselisihan nantinya, ungkap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar juga menghimbau kepada seluruh camat yang ada untuk melakukab kerjasama dengan pemerintah daerah agar potensi di masing-daerah dapat dikembangkan secara optimal.

Tentu hubungan Camat dengan semua walinagari yang ada diwilayah kecamatan dalam terjalin baik, kompak dan beriya-iya dalam memajukan nagari untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

Camat juga diharapkan mampu mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan dengan setiap walinagari, jangan sampai terjadi perbedaan yang menyolok antar nagari dalam pembangunan di satu wilayah kecamatan. Pemerataan pembangunan tentu menjadi inspirasi bagaimana dalam memajukan pembangunan kecamatan secara menyeluruh, ujar Wagub Nasrul Abit mengingatkan.

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...