Depan - Advertorial - MTQ 39 Sumbar di Padang Panjang Meriah
Penabuhan Gendang antara lain oleh Dirjen Bimas Islam Kamarudin Amin, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wagub Audy Joinaldy, dan Wako Fadly di Pembukaan MTQ Nasional Sumbar 2021
Penabuhan Gendang antara lain oleh Dirjen Bimas Islam Kamarudin Amin, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wagub Audy Joinaldy, dan Wako Fadly di Pembukaan MTQ Nasional Sumbar 2021

MTQ 39 Sumbar di Padang Panjang Meriah

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spiritsumbar.com– Irama indah seperti sabah, hijas dan nahwan mengalun indah lewat bacaan Al Quran oleh Qari nasional, Rapi Mulia Darmendra dari Pariaman di awal acara, serta Mutia Rahmi (Solok Selatan) di pertengahan acara. Terakhir, pertunjukan tari kolosal; Babaliak ka Surau hadir di sesi penutup.

Itulah di antara selingan mengesankan yang tampil pada opening ceremony Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 Provinsi Sumatera Barat di GOR Khatib Sulaiman, Kota Padang Panjang, yang dibuka oleh Dirjen Bimas Islam, Prof.Dr.Phil Kamarudin Amin atas nama Menteri Agama RI, Sabtu malam (13/11) lalu.

Awan hitam-pekat yang “menggantung” di langit kota pegunungan itu sejak sorenya, syukur tak berlanjut jadi hujan. Karenanya, tidak heran, jika masyarakat dari dalam dan luar kota terlihat tumpah-ruah ke Gelanggang Pacuan Kuda pola melingkar yang tertua di Ranah Minang itu (berdiri 1913).

Walikota Padang Panjang, Fadly Amran dalam sambutannya, sebelum pidato Gubernur Sumbar dan Dirjen Bimas Islam, menyebut pengunjung sekitar 50.000 orang. Ini bukti kekuatan syiar Islam di Padang Panjang, Kota Serambi Mekah, yang sejak abad ke-20 tampil sebagai salah satu kota pelajar islami tertua di tanah air.

Atas nama masyarakat Padang Panjang, Walikota Fadly menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Sumbar atas kepercayaan dan dukungan kepada Pemko Padang Panjang melaksanakan MTQ ke-39 Sumbar. Terimakasih pula atas dukungan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Agama RI.

MTQ ke-39 Prov Sumbar di Padang Panjang yang berlangsung 12-19 November 2021 sesuai laporan Wakil Walikota Asrul selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana, diikuti oleh 2.027 orang anggota kafilah dari 19 kota/kabupaten. Lomba yang digelar sebanyak 13 cabang, terdiri 73 nomor lomba.

Fahmil Quran MTQ Sumbar
Fahmil Quran MTQ Sumbar

Rincian 13 cabang lomba itu terdiri tilawah, tartil, tafsir, khat, tahfidz, hafalan hadist, kitab standar, khutbah, fahmil, khutbah jumat & azan, MTIQ dan qasidah. Tempat lomba dipencar di 7 lokasi kota kecil 2 kecamatan, 16 kelurahan itu, di antaranya GOR Khatib Sulaiman, masjid Islamic Centre, masjid SMA-1 Padang Panjang dan ISI Padang Panjang, aula Mifan, Aula Diniyah Puteri dan di sejumlah masjid.

Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Prov Sumbar), Mahyeldi kepada pers usai pembukaan malam itu, spontan menyebut kagum mengikuti jalannya acara pembukaan perhelatan religi MTQ ke-39 Sumbar. Ini adalah bagian dari indikator kemajuan peradaban Islam dari Ranah Minang.

Sebelumnya, Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya antara lain menyampaikan harapan kepada pemerintah kota/kabupaten dan stakeholders di Sumbar untuk lebih giat dan fokus berupaya meningkatkan aktivitas TPA, MDA dan pondok-pondok Al Quran di daerahnya. Begitu juga sekolah, terutama sekolah agama.

Sejalan dengan pernyataan Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, selaku Ketua LPTQ Sumbar sebelumnya, berharap kepada pengurus LPTQ di daerah terus meningkatkan kontribusinya dalam memajukan kegiatan baca Al Quran, tahfidz, tafsir dan berbagai kegiatan terkait lainnya.

Tujuannya, terutama, bagaimana Al Quran bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari warga. Di dunia keilmuan, diharapkan pesan-pesan dalam Al Quran itu bisa diintegrasikan dengan sains, dan sebaliknya. Berikut, bisa pula berprestasi di MTQ nasional yang digelar berjenjang dari desa sampai ke pusat.

Kegiatan MTQ yang sudah jadi agenda rutin di tanah air dari level nasional sampai ke pedesaan, Dirjen Bimas Islam, Phil Kamarudin Amin menyebut, ini bagian dari perkembangan syiar Islam di Indonesia. Kegiatan ini perlu kita tingkatkan terus mutunya, pelaksanaan dan hasil penilaian lomba.

Wako Fadly di salah satu stand Pameran UMKM MTQ Sumbar
Wako Fadly di salah satu stand Pameran UMKM MTQ Sumbar

                                    Pameran & Tugu Al Quran

Berbarengan dengan MTQ-39 Sumbar di Padang Panjang juga digelar pameran. Pesertanya, perusahaan swasta nasional, badan usaha milik nasional (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), dan usaha UMKM Kabupaten/Kota di Sumbar. Mereka tampil kolaborasi di pelataran aspal sekitar 1,7 Ha di  GOR Chatib Soelaiman.

Sementara itu sehari sebelum MTQ-39 itu dimulai, di Islamic Centre digelar peresmian tugu Al Quran. Tugu Al Quran yang disumbangkan oleh gabungan ikatan alumni 81 beberapa SMP Negeri di Padang Panjang itu persis berdiri di depan masjid Islamic Centre.

Festival Seni Dalam Rangka MTQ Nasional Sumbar 2021
Jadwal Festival Seni Dalam Rangka MTQ Nasional Sumbar 2021

Yang menarik selama pelaksanaan MTQ -39 ini ikut dimeriahkan dengan festival seni di sejumlah tempat, antara lain; Silek Lanyah di Kubu Gadang, Panggung Publik Sumatera di Stasiun Kereta Api Padang Panjang, dan penampilan tradisi serta musik akustik di area PDIKM Padang Panjang. (yetti harni/adv).–

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

KI Jabar : Kalau Bersih Kenapa Risih

SPIRITSUMBAR.com, Bandung  – Keterbukaan informasi (KI) di Jabar masih sama dengan daerah lain, masih terus ...