Depan - Berita Pilihan - Motivasi Siswa Belajar Bahasa Inggris, PKM PNP Sosialisasikan Aplikasi Educandy
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang (PNP) berfoto bersama di depan sekolah SMK Negeri 5 Padang, di kawasan Lolong, Padang.
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang (PNP) berfoto bersama di depan sekolah SMK Negeri 5 Padang, di kawasan Lolong, Padang.

Motivasi Siswa Belajar Bahasa Inggris, PKM PNP Sosialisasikan Aplikasi Educandy

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Untuk mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang (PNP) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMK Kota Padang.

Kegiatan PKM yang diketuai oleh Nini Wahyuni dan beranggotakan Silvia Djonnaidi, Astuti Pratiwi, Fithratul Miladiyenti, dan Novi Fitria, berlangsung selama 32 jam dan diadakan pada 8-13 Oktober 2021.

“Peserta kegiatan adalah guru-guru Bahasa Inggris SMK se-kota Padang yang berjumlah 34 orang,” ujar Nini Wahyuni, Minggu (17/10/2021).

Mengingat penyebaran Covid-19 yang belum berakhir, sebutnya, kegiatan PKM dilaksanakan secara online melalui zoom meeting dan dilanjutkan dengan pelaksanaan pelatihan dan penugasan yang dikoordinir oleh tim pelaksana PKM melalui Google Classrooom.

Adapun tema yang diusung oleh tim PKM ini adalah “Pemanfaatan Aplikasi Educandy sebagai Integrasi Technology-Based Learning Strategies untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Siswa SMK dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.”

“Educandy merupakan salah satu aplikasi permainan digital berbasis web yang memudahkan penggunanya untuk dapat membuat permainan edukasi dalam waktu singkat. Sehingga, dengan adanya variasi pembelajaran daring yang menarik, guru dapat menampilkan pembelajaran yang lebih interaktif dan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar,” terang Nini.

Selain mendapatkan respon positif dari peserta, lanjut Nini, kegiatan PKM ini juga disambut baik oleh Ketua MGMP Bahasa Inggris SMK Kota Padang, Muhamad Hafdi.
Mengutip peryataan Muhamad Hafdi, menurutnya kegiatan pengabdian berupa pelatihan aplikasi educandy ini sangat dibutuhkan oleh guru Bahasa Inggris di SMK mengingat pembelajaran online masih berlangsung hingga saat ini.

Adapun penutupan kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2021, di kantor MGMP Bahasa Inggris Kota Padang yang berada di SMKN 5 Padang, Jl Beringin Raya No 4, Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. (Rel/pnp)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

KI Jabar : Kalau Bersih Kenapa Risih

SPIRITSUMBAR.com, Bandung  – Keterbukaan informasi (KI) di Jabar masih sama dengan daerah lain, masih terus ...