Beranda - Berita Pilihan - Misteri Buah Zaitun, Ternyata Miliki Manfaat Luar Biasa
Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Misteri Buah Zaitun, Ternyata Miliki Manfaat Luar Biasa

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Ada hal menarik dari Firman Allah SWT dalam Al Quran yang menceritakan tentang minyak zaitun. Tentu ada hal yang menjadi misteri terhadap tumbuhan yang terdapat dalam Al Quran sebagai pegangan hidup kaum muslim sampai akhir hayat tersebut.

Allah SWT berfirman, dalam Al Quran Surat At-Tin Ayat 1-3:

“Demi buah tin dan buah zaitun. Dan demi bukit Sinai dan negeri yang aman ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-bainya.” (At-Tin: 1-3)

Minyak Zaitun juga diungkapkan Allah SWT dalam surat An-Nur ayat 35:

“… yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebalah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis) …” (An-Nur: 35)



Beberapa ahli mencoba mengungkap dibalik misteri buah zaitun tersebut. Al-Qurtubi mengatakan, buah zaitun memiliki banyak manfaat. Menurutnya, Minyak Zaitun dapat dijadikan minyak dengan cara memeras buahnya. Kemudian minyak ini bisa digunakan sebagai lauk-pauk, minyak oles dan juga bahan bakar.

Qurtubi juga menjelaskan bahwa buah zaitun mengandung banyak manfaat. Inilah pohon yang pertama kali tumbuh di bumi dan tumbuh kembali setelah peristiwa banjir di zaman Nabi Nuh as. Bahkan, menurutnya, pohon zaitun tumbuh di rumah-rumah para nabi dan beberapa tempat suci. Buah ini bahkan didoakan dengan keberkahan oleh 70 orang nabi.



Dikutip dalam buku berjudul ‘Sains dalam Al-Quran’ oleh Dr. Nadiah Thayyarah menuliskan sabda Rasululllah tentang buah zaitun yang berbunyi: “Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Keistimewaan buah zaitun dalam Al Quran dituangkan dalam Surat Al-Mu’minum: 20 Allah berfirman, “… dan pohon (zaitun) keluar dari bukit Sinai menghasilkan minyak dan pewarna makanan bagi orang-orang yang makan.”

Minyak zaitun adalah satu-satunya minyak yang bisa langsung diminum ataupun dikonsumsi setelah diekstrak.

Dalam Buku berjudul ‘Mukjizat Herbal dalam Al Quran vol 1’ oleh Muhammad Hatta A. Fattah menyebut minyak zaitun mengandung Plorite “Triolein Tripalmitin”, terdapat juga bahan seperti “Atachidic esters” dan sedikit mengandung “free oleic acid”. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung air dan kandungan mineralnya cukup banyak seperti kalsium dan beberapa vitamin lainnya.

Ingin mendapatkan Minyak Zaitun terbaik, silahkan pesan di Tokopedia Klik Disini

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Identifikasi Insiden Covid-19 Pemkab Solok Lakukan Pool Test Swab

Spitisumbar.com,Arosuka– Untuk mengidentifikasi insiden covid-19 di Kabupaten Solok, Pemerintah Kabupaten Solok melakukan pool test swab terhadap 1.684 ...