Selasa , 21 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Menkumham RI Sahkan Partai Ummat, Muhammadiyah Sumbar Ikut Gembira
Pengurus DPW Partai Ummat Sumbar
Pengurus DPW Partai Ummat Sumbar

Menkumham RI Sahkan Partai Ummat, Muhammadiyah Sumbar Ikut Gembira

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) gelar syukuran atas keluarnya Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Kamis, 2 September 2021.

Partai Ummat disahkan sebagai Partai Politik berdasarkan SK KEMENKUMHAM RI Nomor SK M. HH-13. AH 11. 01 TAHUN 2021 Tanggal 20 Agustus 2021

Ketua Umum Partai Ummat, Dr. H. Rahmadi, M.Sc pada acara Syukuran menyampaikan pemerintah yang sedang berkuasa sekarang cenderung represif kepada kubu-kubu yang oposisi lalu ditekan. Sedangkan untuk kubu-kubu yang pro kepada pemerintah selalu diberi fasilitas dan dibukakan berbagai kemudahan. Ini di tandai dengan dengan adanya tindakan – tindakan penangkapan dan pembubaran organisasi – organisasi tertentu yang mengkritisi pemerintah.

Cara-cara represif tersebut sebetulnya sudah tidak relevan lagi dengan kondisi yang sekarang. Karena pada zaman penjajahan dahulu pola seperti ini sudah dilakukan sejak zaman kolonial dan fasis Jepang.

Rezim pemerintahan sekarang cenderung dikuasai oleh oligarki sekelompok kecil orang yang mempunyai kekuasaan dan pengaruh begitu besar dalam berbagai bidang kehidupan bernegara. Bahayanya oligarki ini bila tidak diingatkan dan dikritisi akan mengarah kepada tirani kelompok kecil dalam tubuh pemerintahan tetapi kekuasaannya mencakup seluruh sumber daya alam (SDA).

Kecendrungan pemerintahan yang oligarki ini selalu menekan kelompok-kelompok yang oposisi dengan keras jika perlu sampai tidak berbunyi lagi. Padahal dalam sisitem kehidupan negera berdemokrasi kehadiran kelompok-kelompok oposisi sangat diperlukan untuk melakukan pengawasan terhadap penyalahgunaan kekuasaan. Pada gilirannya cenderung melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada akhirnya menimbulkan ketidakadilan dan merajalela kezaliman dalam berbagai aspek kehidupan

Kehadiran Partai Ummat adalah untuk memberikan jawaban dan antisipasi terhadap kecendrungan pemerintah yang sedang berkuasa yang sangat represif terhadap kelompok-kelompok yang oposisi. Visi Partai Ummat terwujudnya Indonesia sebagai negeri baldathun tayyibatun Warabbun Ghafur, seperti tertera dalam pasal 5 anggaran dasar Partai Ummat.

Untuk mewujudkannya adalah Partai Ummat ingin menerapkan politik yang bermartabat dan ini ditandai dengan adanya kesadaran yang mendalam bahwa kekuasaan itu adalah amanah dan ia harus dipertanggung jawabkan kepada orang yang memberi amanah dan juga kepada Allah SWT.

“Kepada segenap kader pengurus partai ditegaskan agar kekuasaan dalam jabatan sebagai pengurus partai haruslah dipandang sebagai amanah yang harus dilaksanakan secara ikhlas dan penuh tanggung jawab. Karena dia akan dipertanggungjawabkan. Sekali-kali jangan disalahgunakan, ” ujarnya.

Ke depan program utama Partai Ummat adalah bagaimana mempersiapkan kader-kader partai yang mempunyai kesadaran untuk melaksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab. Sehingga ketika mereka diberikan amanah yang lebih besar dalam mengelola pemerintahan diharapkan dapat melaksanakan amanah itu dengan penuh tanggung jawab.

Sementara, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr. H. Shofwan Karim, M.A dalam sambutannya turut merasa gembira dan bersyukur dengan di sahkannya Partai Ummat sebagai partai politik oleh KEMENKUMHAM RI ini. Berarti Partai Ummat telah maju selangkah sebagai partai politik yang memenuhi persyaratan seperti yang diatur oleh undang-undang.

“Bagi Muhammadiyah Sumatera Barat kehadiran Partai Ummat sangat disambut gembira karna dengan alasan, Rujukan yang dijadikan dasar Partai Ummat hampir sama dengan Muhammadiyah yaitu dalam rangka melaksanakan perintah Allah Amar Ma’ruf Nahi mungkar, tegakkan keadilan lawan kezaliman,” ujarnya.

Perbedaanya adalah Muhammadiyah bergerak dibidang dakwah, pendidikan, dan sosial sedangkan Partai Ummat dibidang politik dan kekuasaan.

Dalam kepemimpinan Partai Ummat di Sumatera Barat banyak di dukung oleh kader-kader Muhammadiyah mulai dari wilayah sampai ke cabang. Ini berarti bahwa Partai Ummat sangat mendapat perhatian dan dukungan dari kader-kader Muhammadiyah.

Ini tentu saja erat kaitannya dengan figur pendiri Partai Ummat yaitu tokoh utama Muhammadiyah, mantan ketua PP Muhammadiyah,

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kejar Target, Vaksinasi Sasar SMAN 6 Sijunjung

SPIRITSUMBAR.com, Sijunjung – Polres Sijunjung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, launching Gerai Vaksin tingkat sekolah ...