Minggu , 26 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Menjaga Lingkungan Sekolah
Rikotmi Hasindi
Rikotmi Hasindi

Menjaga Lingkungan Sekolah

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Rikotmi Hasindi (Guru UPTD SMPN 1 Kec. Luak)

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tingal, tempat bekerja, dan tempat awam.

Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap tingkap dan perabotan rumah, menyapu dan mengemop lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan, membersihkan bilik mandi dan jamban, serta mebuang sampah. Kebersihan lingkungan dimulai dengan menjaga kebersihan halaman dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah (Wikipedia) .

Jadi, menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih baik ruangan-ruangan, kebun, toilet atau tempat tertentu yang digunakan untuk beraktivitas di sekolah tentunya dengan berperilaku bersih dan sehat.



Sekolah yang bersih dan nyaman bebas sampah adalah kunci untuk belajar dengan menyenangkan bagi peserta didik. Ketika lingkungan sekolah bersih dan nyaman pastinya peserta didik betah berada di sekolah. Betahnya peserta didik di sekolah tentunya membuat mereka bersemangat untuk mencari dan menuntut ilmu pengetahuan.

Kebersihan dan kenyamanan sekolah adalah sesuatu yang terpenting bagi peserta didik karena kebersihan dan kenyamanan berada di sekolah membuat mental mereka berkembang dengan baik, sesuai dengan proses pertumbuhan dan perkembangan yang mereka miliki.

Membuat lingkungan sekolah bersih dan nyaman bukanlah tugas penjaga sekolah atau petugas kebun saja, akan tetapi tugas tersebuat adalah tugas semua warga sekolah agar sekolah tetap bersih dan nyaman.

Kebiasaan hidup bersih dan sehat yang ditampilkan oleh seluruh warga sekolah adalah upaya yang dilakukan untuk membuat lingkungan sekolah tetap bersih dan nyaman.

Biasanya sekolah hanya menyediakan tong sampah menjaga kebersihan sekolah. Membuang sampah pada tempatnya adalah tugas semua warga sekolah, bukan tanggung jawab petugas sekolah semata.

Menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan nyaman serta sehat adalah kewajiba bagi tiap individu karena kebersihan adalah bagian dari iman. Orang yang menjaga lingkungan sekolah tetap bersih berarti adalah orang yang selalu tetap menjaga keimanannya kepada Allah Swt. Seperti hadist Rasullah Saw:

“Dari Rasulullah Saw: Sesungguhnya Allah Swt itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, dia maha besih yang menyukai kebersihan, dia maha mulia yang menyukai kemuliaan, dia maha indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR.Tirmizi)

Jadi, dari hadist diatas jelas bahwa Allah menyuruh agar tempat-tempat yang kita tempati untuk beraktivitas dibersihkan termasuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dengan perilaku mebuang sampah pada tempatnya, merawat bunga/kebun, merawat peralatan sekolah/kelas, menjaga tanam-tanaman tetap tumbuh dan subur adalah upaya kita agar tetap menjaga hidup bersih dan sehat sehingga kenyamanan di dapatkan oleh warga sekolah. Keuntungan menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan sehat serta dengan kenyamannya merupakan cara kita tetap di sukai oleh Allah Swt.

Banyak mamfaat dari lingkungan sekolah jika sudah bersih :

Manfaat bagi peserta didik

Manfaat bagi peserta didik adalah membuat peserta didik bersemangat menuntut ilmu pengetahuan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih akan membuat semangat yang tinggi bagi peserta didik berada di sekolah.

Sekolah yang terawat indah dan bersih akan menyamankan hati peserta didik dan membangun pikiran yang positif oleh peserta didik.

Manfaat bagi guru

Adapun mamfaat bagi guru yaitu guru juga akan merasa bersemanagat memberikan pelajaran bagi peserta didik. Dengan lingkungan sekolah yang bersih tentunya guru tetap bugar dan sehat sehingga dengan hidup bersih dan sehat maka akan meningkatkan kualiatas memberikan pelajaran kepada peserta didik. Dengan meningkatnya kualitas mengajar guru tentunya kualitas serap belajar peserta didik tentunya juga meningkat maka prestasi sekolahpun juga akan meningkat.

Manfaat bagi warga sekitar sekolah atau masyarakat umum

Kebiasaan hidup bersih dan sehat yang diterapkan di sekolah secara tidak langsung juga akan berdampak baik kepada warga sekitar sekolah atau masyarakat umum lainnya yang berada jauh dari sekolah. Mereka akan terhindar dari penyakit demam berdarah atau penyakit lainnya. Serta jika sekolah sudah terjaga dengan baik, tertata rapid an bersih maka sekolah atau perilaku yang diterapkan oleh warga sekolah juga akan ditiru oleh warga sekitar sekolah atau masyarakat umum lainnya. Mereka akan mencontoh bagaimana hidup bersih dan sehat, yang membuat nyaman kepada hati warga sekolah tersebut.

Dengan demikian setelah mengetahui beberapa mamfaat kebersihan maka menjaga lingkungan sekolah merupakan suatu kewajiban bagi semua warga sekolah. Jika warga sudah menjaga lingkungan sekolah berarti sudah menjaga diri dan seluruh warga sekolah dari berbagai penyakit yang mungkin tibul dari ketidak bersihan lingkungan yang ditempati. Jika sudah bersih, apalagi semua warga sekolah sudah memahami memilah dan memamfaatkan sampah tentunya banyak lagi mamfaat dari lingkungan tersebut.

Memamfaatkan sampah yang tidak berguna dengan cara mendaur ulang atau membuat pupuk kompos dari sampah organik seperti daun-daunan, kertas, atau yang bisa diurai akan membuat sekolah bisa menikmati kesuburan tanah dari hasil pengolahan sampah tersebut.Bunga akan subur, tanam-tanaman lain juga ikut subur dengan memamafaatkan pupuk kompos tersebut.

Jadi, menjaga lingkungan sekolah tidak hanya menguntungkan untuk belajar bagi peserta tetapi juga bisa untuk finansial bagi sekolah dan dimamfaatkan kepada kebutuhan peserta didik.

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...