Minggu , 26 September 2021
Depan - Headline - Mengundurkan Diri, Ini Aturan Yang Dilanggar Persib Bandung
Persib Bandung vs Persija Jakarta
Persib Bandung vs Persija Jakarta

Mengundurkan Diri, Ini Aturan Yang Dilanggar Persib Bandung

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Solo – Pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung yang berlangsung, di Stadion Manahan, Solo, ditandai aksi mogok, Jumat (3/11/2017) sore.

Wasit asing, Evan Shaun Roberts harus meniup pluit panjang dengan kemenangan Persija, setelah Persib enggan melanjutkan pertandingan pada menit 84, dalam keadaan skor 1-0.
Artikel Lainnya

loading…


Jalannya pertandingan antara Persija Jakarta dan Persib Bandung berlangsung dalam tempo tinggi. Malahan, suhu pertandingan mulai meningkat lantaran Kim Kurniawan dilanggar secara keras oleh Rudi Widodo hingga ditarik ke luar.

Tensi makin meningkat, lantaran Manahan Solo diguyur oleh hujan lebat. Bola menjadi liar dan dikontrol para pemain. Malahan umpan tidak lagi tepat sasaran karena terganggu oleh derasnya curah hujan.

Gol Persib Bandung,  akhirnya tercipta melalui sundulan Ezechiel N’Douassel yang berhasil memanfaatkan assist Supardi Nasir pada menit ke-28. Tragisnya, gol cantik yang berhasil mengecoh kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa justru dianulir wasit.

Wasit menilai bola belum  melewati garis gawang.  Walau diprotes para pemain Persib Bandung, namun wasit tetap dengan putusannya. Sampai babak pertama berakhir, tidak satupun gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan semakin tinggi. Malahan, dua kartu kuning langsung dikeluarkan wasit untuk Pemain Persib.  Mereka yang diganjar kartu kuning adalah Ismed Sofyan menit ke-46 dan Hariono pada menit ke-48.

Tidak seperti babak pertama, Persib mulai meningkatkan irama serangan. Kali ini pola serangaan Pangeran Biru melalui sisi sayap kanan lewat Febri Hariyadi. Aksi Febri sangat optimal hingga ia berkali-kali dilanggar pemain Persija.

Pada menit 75, berkah datang pada Macan Kemayoran. Memanfaatkan umpan Ismed Sofyan, Bruno da Silva Lopes dijatuhkan Purwaka Yudhi di dalam kotak penalti. Otomatis hukuman penalti diambil Persija dan sukses dikonversi oleh Bruno Lopes.

Derita makin dirasakan Persib pada menit ke-82, karena Vladimir Vujovic diusir ke luar lapangan oleh Shaun Evans. Pangkalnya, Vujovic melanggar Bruno di depan area penalti, sehinga dikartu kuning. Saat dikartu kuning Vujovic tampak melontarkan kata-kata keras sehingga diganjar kartu merah.

Sayang, usai itu ada aksi boikot dari pemain Persib. Terlihat dalam tayangan televisi manajer Persib Umuh Muchtar meminta pemain meninggalkan lapangan. Shaun Evans tak tinggal diam. Peluit tanda akhir pertandingan ditiup pada menit ke-84.

Aksi mogok yang dilakukan pemain Persib Bandung, sepertinya bakal berdampak panjang.  Seperti dikutip dari regulasi Liga 1 di situs resmi kompetisi, yang dilansir situs viva.co.id,  tertulis aksi Maung Bandung ini berpotensi membuat mereka terdepak dari Liga 1. “Sesuai regulasi Pasal 13, (Persib) bisa dianggap mengundurkan diri dari Liga 1,” kata COO PT. Liga Indonesia Baru, Tigorshalom Boboy kepada wartawan.

Persib bisa dianggap melakukan pelanggaran yang tercantum di Pasal 13 regulasi Liga 1. Terkait pengunduran diri setelah Liga 1 dimulai. Berikut ini kutipan Pasal 13:



Pasal 13 Pengunduran Diri Setelah Liga 1 Dimulai,  Setiap Klub dapat dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri dari Liga 1 apabila: a). mengundurkan diri setelah dimulainya Liga 1; atau b). menolak untuk melanjutkan Pertandingan di Liga 1; atau c). meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya Pertandingan yang dijalankan,

Klub yang mengundurkan diri setelah dimulainya Liga 1, berlaku hal-hal sebagai berikut: a). seluruh Pertandingan yang telah dijalankan dibatalkan dan dinyatakan tidak sah. Seluruh nilai dan gol yang terjadi dalam Pertandingan tersebut tidak akan dihitung dalam hal menentukan klasemen akhir dan dihilangkan dari klasemen; b). diharuskan membayar biaya kompensasi terhadap kerusakan atau kerugian yang timbul dan dialami oleh Klub lainnya, LIB, sponsor, televisi dan pihak terkait lainnya. Nilai kompensasi akan ditetapkan oleh LIB. c). Dilaporkan ke Komisi Disiplin untuk mendapatkan sanksi tambahan; dan d). mengembalikan seluruh subsidi yang telah diterima.

Ketentuan pasal 12 dan pasal 13 tidak berlaku untuk keadaan force majeure yang diakui oleh LIB.  LIB akan melakukan tindakan yang diperlukan terhadap kondisi yang timbul karena force majeure tersebut pada pasal 13 ayat 3. (SALIH)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...