Jumat , 17 September 2021
Depan - Pariwisata - Budaya - Masyarakat Sambut Meriah Kehadiran ASAN
Masyarakat Agam antusias menyaksikan ASAN (foto Irman Naim - Spirit Sumbar)
Masyarakat Agam antusias menyaksikan ASAN (foto Irman Naim - Spirit Sumbar)

Masyarakat Sambut Meriah Kehadiran ASAN

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com –  Selama dua hari siang dan malam dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Agam melaksanakan acara Apresiasi Seni Anak Nagari (ASAN), di akhir November 2016 minggu lalu.

Ternyata kehadiran ASAN tersebut mendapat sambutan  masyarakat.  Baik bagi mereka pelaku seni yang datang  dari berbagai nagari di Agam, juga animo masyarakat datang untuk menyaksikan penampilan kesenian tersebut di Lapangan Voly, GOR Rang Agam penuh sesak pengunjung. Walaupun hari hujan tetapi mereka tetap semangat dan setia menikmati hiburan bersama keluarga untuk menyaksikan berbagai penampilan kesenian anak nagari.

Terlihat sekali masyarakat masih suka dengan kesenian minang dan juga masih berupaya melestarikan kesenian tradisional Minangkabau yang ada di nagari masing masing. Hal ini bisa dibuktikan ketika penampilan masing peserta dari masing masing grup di nagari, banyak menyajikan yang berbeda beda dan menarik seperti tambua tasa, talempong pacik, saluang dendang,  sarunai,bansi, tari tarian , pencak silat drama dan randai juga ada .

Tentu di harapkan melalui ASAN akan nimbul semangat dan dorongan bagi generasi muda di Agam, mengenali dan menumbuh kembangkan, agar kesenian tradisional Minangkabau tetap terjaga dan terlestarikan dengan baik sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat Hadi Suryadi di ruang kerjanya mengatakan bahwa acara apresiasi seni anak nagari ini diikuti 30 grup dari berbagai nagari (desa adat) digelar di halaman GOR Rang Agam, Kecamatan Lubuk Basung dari 29 hingga 30 September 2016.

Dia jelaskan bahwa ke 30 grup kesenian ini berasal dari Kecamatan Lubuk Basung sebanyak 10 grup dan kecamatan lainnya sebanyak 20 grup. Grup kesenian ini menampilkan kesenian tradisional tambua tansa, tari pasambahan, tari piring dan lainnya.

“Masing-masing grup kesenian akan diberikan kesempatan untuk menampilkan kemampuannya,” papar Hadi Suryadi.

Penulis: Irman Naim

Editor : Saribulih

ARTIKEL SPIRIT LAINNYA

loading…


Lebih Lengkap di versi Cetak The Public

Hadir sampai ke Pelosok Sumatera Barat dan Rantau

Cover The Public Edisi 03 - Minggu I Des Tahun IV (Terbit Tiap Senin)
Cover The Public Edisi 03 – Minggu I Des Tahun IV (Terbit Tiap Senin)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Supardi bersama 4 Remaja Parlemen asal Sumbar

Supardi Beri Dukungan, 4 Siswa Sumbar Ikut Parlemen Remaja

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi dukung ...