Minggu , 19 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Masyarakat Minang di Rantau Harus Perkuat Persatuan dan Kesatuan
Ketua Umum FSP3L Syafinal Chaniago menyerahkan plakat FSP3L sebagai bentuk rasa kekeluargaan kepada Ketua Umum FKMB Indra Jaya. (Foto : fsp3l)
Ketua Umum FSP3L Syafinal Chaniago menyerahkan plakat FSP3L sebagai bentuk rasa kekeluargaan kepada Ketua Umum FKMB Indra Jaya. (Foto : fsp3l)

Masyarakat Minang di Rantau Harus Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Banten – Menyikapi perkembangan jaman terutama dalam bidang teknologi, ekonomi dan tingkat kehidupan yang semakin tinggi masyarakat Minang Sumatera Barat di perantauan harus mempererat persatuan dan kesatuan yang berbasiskan Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Ketua umum FSP3L (Forum Silaturahmi Putra/Putri Piaman Laweh) Syafinal Chaniago saat berkunjung ke kantor DPP FKMB (Forum Keluarga Minangkabau Bersatu) di Jalan Teuku Umar Karawaci Tangerang Provinsi Banten, Sabtu (28/8/2021).

Kedatangan Syafinal Chaniago bersama Bundo Kanduang FSP3L disambut Ketua Umum FKMB Indra Jaya, ST, beserta staf di kantornya.

Dalam perbincangannya, Ketua Umum FKMB sependapat dengan Syafinal Chaniago. Yakni, saling peduli, merasa senasib sepenanggungan yang merupakan ciri khas masyarakat Minang. Sebagaimana dicetuskan oleh pendahulu-pendahulu sebelumnya. Termasuk, pergerakan ekonomi dalam bentuk koperasi yang digagas oleh Bung Hatta.

“Kami ingin mewadahi persatuan masyarakat Minang di perantauan dengan berbagai kegiatan sosial. Kami merasakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi saat ini. Terutama masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Indra Jaya.

Tonton video Pilihan : Adzan Pak H. Nasrul Abit Bikin Hati Bergetar

“Apalagi perantau Minang banyak berprofesi sebagai pelaku usaha. Seperti berdagang, jasa, seniman dan di bidang lainnya pasti merasakan dampak tersebut” timpal Indra jaya.

Dalam forum tersebut, FKMB ingin bergandeng tangan bersama FSP3L dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang bergerak dalam bidang sosial, seni dan budaya. “Setiap pekan kami menggelar Jumat Barokah untuk berbagi dengan sesama,” kata Indra Jaya.

Penasehat FSP3L M Rizal yang ikut hadir menyambut baik hubungan silaturahmi yang terjalin antara FSP3L dengan FKMB. M Rizal mengatakan, FSP3L siap bersinergi dengan siapa pun.

“Mayoritas anggota FSP3L adalah TNI-Polri aktif, kami terikat dalam aturan kedinasan. Selagi FKMB menjalankan program-program berbasiskan sosial kemasyarakatan dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) kami siap mendukung,” tegas M Rizal.

Di akhir pertemuan, Ketua Umum FSP3L Syafinal Chaniago menyerahkan plakat FSP3L sebagai bentuk rasa kekeluargaan kepada Ketua Umum FKMB Indra Jaya, dan ketua FKMB menyerahkan baju kemeja bertuliskan organisasi yang di pimpinnya sebagai wujud penghormatan. (Rel/fsp3l)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...