Sabtu , 18 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Masyarakat Keluhkan Irigasi, Bupati Langsung Telusuri
Bupati Irdinansyah Tarmizi Meninjau Irigasi Batang Selo
Bupati Irdinansyah Tarmizi Meninjau Irigasi Batang Selo

Masyarakat Keluhkan Irigasi, Bupati Langsung Telusuri

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Setelah menerima keluhan masyarakat usai melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjid di Nagari Tanjung Barulak, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Kadis PU Thamrin, Kasatpol PP dan Damkar Nuryeddisman dan SKPD terkait langsung menyusuri lokasi irigasi sepanjang 32 KM, minggu (15/1/2017).

Dengan mengendari sepeda motor, Irdinansyah menyusuri saluran irigasi Batang selo yang melalui 4 nagari yakni Nagari Pagaruyung, Saruaso, Koto Tangah dan Tanjung Barulak. Dalam peninjauannya beberapa kali Bupati menghentikan motor di lokasi irigasi yang tersumbat karena sampah dan bahkan memang sengaja dihambat guna dialihkan ke saluran lain.

Setelah selesai menyusuri lokasi irgasi Irdinansyah kepada Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Daerah Irigasi  Y Peto Kayo menyampaikan harapannya agar berkoordinasi dengan para petani pemakai air. “agar pemakaian air sesuai dengan peruntukannya dan dapat dilakukan dengan adil, maka tentu perlu koordinasi dan pemahaman bersama dengan petani lainnya, sehingga kegiatan pertanian tidak terganggu” harapnya.

Ditambahkannya lagi petugas irigasi bersama anggota hendaknya membersihkan irigasi dari sampah  sehingga air mengalir lancar. “dituntut kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya bukan di saluran irigasi yang tentu akan merugikan kita juga dan sekarang lakukanlah gotong royong melibatkan seluruh masyarakat dengan melibatkan Polri dan TNI” harap Irdinansyah.

Ditambahkan lagi, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang memiliki kewenangan irigasi Batang Selo yang mengairi 10.000 ha, pada tahun 2017 akan dilakukan pengerukan sendimen yang berada sepanjang Daerah Irigasi Batang Selo. “jika hal ini segera terwujud maka debit air akan semakin besar” sampai bupati.

Untuk itu pesan bupati, segera lakukan rapat terpadu dengan seluruh unsur terkait, Dinas PSDA Provinsi,  Dinas terkait di Kabupaten, Koramil, Polsek, petani pengguna air untuk mengambil langkah-langkah segera untuk optimalisasi Irigasi Batang Selo.

Diakhir penyampaiannya Bupati Irdinansyah berharap kepada masyarakat Tanjung Barulak untuk melaksanakan alternatif bertani jangka pendek yakni menanam jagung. “untuk sementara lahan yang tidak bisa ditanami padi agar ditanami jagung, karena jagung mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi dan kepada Dinas Pertanian untuk segera berkoordinasi dengan kelompok-kelompok tani mensosialisasikan kegiatan ini” pungkas Irdinansyah.

Pewarta : David

Editor : Saribulih

Artikel Spirit lainnya

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Supardi bersama 4 Remaja Parlemen asal Sumbar

Supardi Beri Dukungan, 4 Siswa Sumbar Ikut Parlemen Remaja

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi dukung ...