Jumat , 25 September 2020
Beranda - Headline - Masuki New Normal, Perpustakaan Adinegoro Siapkan Sistem Online
Perpustakaan Adinegoro
Perpustakaan Adinegoro

Masuki New Normal, Perpustakaan Adinegoro Siapkan Sistem Online

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Sawahlunto – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto melalui Nova Zahara Kabid Perpustakaan mengatakan, sebagai salah satu fasilitas publik yang memberikan layanan akses Ilmu Pengetahuan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan sistem penelusuran buku berbasis IT untuk 34 ribu koleksi buku yang dimiliki Pustaka.

“Saat ini tengah dalam proses memasukkan data kedalam sistem searching online di halaman website resmi www.perpusarsip.sawahluntokota.go.id, sehingga Perpustakaan masih menutup kunjungan” ujar Nova.

Selain tengah mempersiapkan sistem digital, pihaknya juga tengah mempersiapkan sarana yang harus ada dalam masa pandemi Covid, seperti tempat cuci tangan dan disinfectant bagi pengunjung pustaka.

Lebih lanjut dijelaskannya dengan sistem penelusuran online ini, masyarakat bisa melihat dan memilih melalui smartphonenya apa saja buku-buku yang bisa dibaca atau dipinjam ke Perpustakaan Sawahlunto.



“Sistem digital merupakan tuntutan di era IT, sistem ini mempermudah akses ilmu pengetahuan dan menjadi strategi untuk memancing minat masyarakat membaca dan menarik kunjungan ke Pustaka” papar Kabid Pustaka ini.

Selain mempersiapkan sistem penelusuran buku secara online, Dinas Perpustakaan Sawahlunto juga telah mengaplikasikan sistem pendaftaran online untuk Kartu Anggota Perpustakaan Elektronik.



Bahkan direncanakan di tahun 2021 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto akan menyediakan aplikasi buku digital, sehingga masyarakat bisa mengakses buku yang dibutuhkan melalui smartphone dan tidak perlu melakukan kunjungan fisik ke perpustakaan.

Buku tersebut nantinya tidak memiliki bentuk fisik seperti buku atau majalah pada umumnya, namun berupa buku digital yang bisa dibaca melalui alamat website Pustaka.(Rni)

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Ini Nomor Urut Paslon Bupati /Wakil Bupati Limapuluh Kota Yang Akan Bertarung di Pilkada 2020

SPIRITSUMBAR.COM, Limapuluh Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Limapuluh Kota gelar rapat pleno terbuka pencabutan ...