Depan - Pendidikan - Artikel - Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan GLS
Ida Rosiani 
Ida Rosiani 

Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan GLS

Print Friendly, PDF & Email

Hal lain yang telah dilaksanakan oleh SMAN I Timpeh adalah Kepala sekolah mampu menggencarkan dan memotivasi guru dan siswa. Untuk terus berprestasi melalui literasi.

Hal ini terbukti berhasilnya salah satu guru SMAN I Timpeh Ike Wardani, S.Pdi yang lolos dalam progam pertukaran guru ke Korea tahun 2019.

Dilanjutkan dengan lolos seleksi guru sekolah Indonesia luar negeri (SILN) tahun 2021 dan penulis buku motivasi yang berjudul ketika Kepompong Belajar Terbang.

Setya Ningsih, SS adalah salah satu guru pembimbing penggiat literasi siswa. Sampai saat ini tercatat 53 karya siswa yang telah berhasil dibimbing dan berhasil menjuarai lomba karya tulis tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Selain itu juga menulis buku dan berbagai makalah pendidikan.

Nurul Hasanah, S.Pd adalah seorang guru yang mendukung suksesnya GLS diSMAN 1 Timpeh. Karyanya lolos dalam seleksi 1000 Guru Motivator Literasi Indonesai Tingkat nasional yang diadakan oleh Forum Indonesia Menulis (FIM) Indonesia, Agustus 2021.

Para pelajar juga berantusias mendukung GLS menyediakan mading yang bernama Locum Inspirationis. Menampung wadah kemampuan literasi siswa dalam bentuk karya. Seperti puisi, cerpen,pantun, kata-kata bijak, poster, berita dan lain sebagainya.

Semua siswa boleh unjuk kemampuan literasinya di SMAN 1 Timpeh melalui Mading ini dan Osis berkomitmen mengganti isinya sebulan sekali.

Selanjutnya peran kepala sekolah sebagai motivator Literasi siswa dapat dibuktikan dengan SMAN 1 Timpeh mampu bersaing dengan sekolah lain dalam ajang perlombaan penulisan feature khusus siswa. Dengan tema menjaga warisan klasik Kabupaten Dharmasraya.

Ke empat siswa SMAN 1 Timpeh mampu meraih peringkat 2, 3, harapan 1 dan 2 tingkat kabupaten Dharmasraya, Penulisan Laporan perjalanan “Berguru Ke Masalalu” ke Situs Cagar budaya memperoleh peringkat terbaik tingkat Cabdin V (Dharmasraya, Sijunjung dan Sawahlunto).

Video pilihan : Vaksinasi Mengejar Normal

Terbaik III, Penulisan essay kesejarahan (2019) berjudul “Tergadainya” nilai-nilai kemanusiaan orang-orang rantai yang diadakan oleh Jurusan Sejarah Universitas Andalas bekerjasama dengan Dinas Budaya dan Pariwisata Sawahlunto.

SMAN I Timpeh sebagai bentuk antusiasme atas gerakan literasi juga pernah berhasil menjadi juara Nasional Favorit 2 lomba tulis kepurbakalaan tahun 2019, dan Juara 2 Nasioanl Lomba menulis Essay Kepahlawanan dan menulis cerpen tahun 2021.

Hal ini membuktikan bahwa peran kepala sekolah sebagi motivator sangatlah besar dampaknya terhadap keberhasilan mutu dan kualitas seluruh elemen masyrakat sekolah yang dipimpinnya.

<<< Sebelumnya

Selanjutnya >>>

➊    ➋    ➌    ➍ 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

KI Jabar : Kalau Bersih Kenapa Risih

SPIRITSUMBAR.com, Bandung  – Keterbukaan informasi (KI) di Jabar masih sama dengan daerah lain, masih terus ...