Beranda - Pendidikan - Artikel - Lokakarya Sekolah untuk Apa
Feri Fren
Feri Fren

Lokakarya Sekolah untuk Apa

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)
Sebentar lagi Tahun Pelajaran baru akan segera datang, semua pihak mulai mempersiapkan diri. Peserta didik mempersiapkan diri dengan mendaftar ke sekolah yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Orang tua mempersiapkan diri dengan mencari informasi tentang sekolah favorit untuk melanjutkan sekolah anaknya.

Demikian juga dengan pihak sekolah, mereka memulainya dengan duduk bersama satu meja dalam suatu kegiatan yang disebut lokakarya. Semua itu dilakukan agar kualitas pendidikan di sekolahnya bisa ditingkatkan.

Lokakarya dilakukan dengan melihat kilas balik proses yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya dan membandingkannya dengan perencanaan yang dibuat.



Seluruh stakeholders sekolah secara bersama-sama melakukan evaluasi diri serta pengkajian apa penyebabnya mutu tidak tercapai. Lalu merumuskan solusi dan strategi apa yang bisa dipakai agar kualitas sekolah dan mutu lulusan bisa meningkat dengan mengoptimalkan segenap potensi yang dimiliki.

Dalam melaksanakan lokakarya, sekolah melakukannya dengan berbagai macam variasi baik dari segi jumlah hari, tempat, serta narasumber yang dipakai sebagai fasilitator kegiatan. Ada yang melakukan kegiatannya di sekolah sendiri, ada pula yang melakukannya di tempat-tempat yang representatif seperti di hotel, dan tempat-tempat wisata yang ada aula pertemuannya.



Semua itu dilakukan juga dalam rangka memberikan penyegaran kepada guru dan pegawai karena mereka sudah lelah bekerja selama satu tahun pelajaran lamanya.

Demikian juga dengan narasumber yang dipakai. Ada yang mendatangkannya dari tingkat kabupaten/kota, propinsi. Bahkan ada yang dari tingkat pusat. Semua itu tergantung pada kesiapan sekolah dari berbagai aspek.

Dari kegiatan lokakarya tersusunlah program yang akan dijalankan. Siapa mengerjakan apa serta target apa yang akan dicapai sekolah untuk satu tahun ke depan. Dengan demikian harapan orang tua menyekolahkan anaknya untuk merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu dengan mengintegrasikan nilai-nilai sikap dan keterampilan akan bisa terwujud secara optimal.

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Alex Indra Lukman

HUT RI ke 75, Momentum Memerdekakan Daerah 3T dari Keterasingan Sinyal Internet

Spiritsumbar.com, Padang – Era kenormalan baru pada masa Pandemi Covid19, merupakan tantangan yang harus segera ...