Beranda - Pendidikan - Artikel - Lokakarya Sekolah untuk Apa
Feri Fren
Feri Fren

Lokakarya Sekolah untuk Apa

Print Friendly, PDF & Email

Seperti gedung yang indah dan jumlah ekstra kurikuler yang disediakan. Ada pula masyarakat yang berpendapat bahwa kualitas sebuah sekolah dapat dilihat dari jumlah lulusan sekolah tersebut yang diterima di jenjang pendidikan selanjutnya yang favorit.

Atau banyaknya lulusan yang dapat bekerja dan diterima di Dunia Usaha danDunia Industri (DUDI). Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dikatakan sekolahnya sehat ketika lulusan sekolahnya tidak ada yang menganggur. Kalaupun mereka menganggur paling lama tiga bulan dari mereka tamat.

Untuk dapat memahami kualitas pendidikandi suatu sekolah, perlu juga kiranya memandang bahwa sekolah merupakan suatu sistem. Didalamnya terdiri dari kepalasekolah, guru, pegawai tata usaha, siswa, pengawas dan masyarakat.



Mutu sistem tergantung pada mutu komponen yang membentuk sistem itu sendiri, serta proses yang berlangsung hingga membuahkanhasil yang optimal. Dalam lokakarya salah satunya dibahas masalah pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas mengajar hendaknya guru perlu pula merencanakan program pengajaran dengan menggunakan metode serta strategi yang tepat sesuai dengan tujuan dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses. Dalam peraturan tersebut mengisyaratkan bahwa dalam pembelajaran seorang guru memiliki sebuah pendekatan, metode dan teknik-teknik tertentu.



Ini dapat menciptakan kondisi kelas pada pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Sehingga pada akhirnya akan diperoleh kondisi kelas yang mempunyai aktivitas tinggi serta hasil belajar yang sangat memuaskan.

Selain itu guru juga diminta untuk dapat memahami sejumlah prinsip-prinsip pembelajaran, diantaranya guru harus memperhatikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Guru mengembangkan strategi pembelajaran, menilai proses serta hasil pembelajaran yang dilakukan secara akurat dan komperehensif sesuai dengan karakteristik peserta didik masing-masing.

Dengan adanya lokakarya sekolah, diharapkan terjadi perubahan dan peningkatan mutu sekolah dalam ranah delapan Standar Nasional Pendidikan. Jelaslah bagi kita disini mengapa sebuah sekolah secara berkala perlu mengadakan lokakarya.

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>

[ 1 ]  [ 2 ]  [ 3 ]  [Semua]



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

ilustrasi

Bayar Gaji ke-13 PNS, Minahasa Tenggara Anggarkan Rp 10 Miliar

Spiritsumbar.com, Sulawesi Utara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara menyiapkan anggaran Rp10 ...