Sabtu , 25 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Lestarikan Budaya, Walinagari Sungai Dareh Kukuhkan Pengurus Pengobatan Tradisional

Lestarikan Budaya, Walinagari Sungai Dareh Kukuhkan Pengurus Pengobatan Tradisional

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.COM, Dharmasraya – Walinagari Sungai Dareh Henrianto SE kukuhkan pengurus Pengobatan Tradisonal di kenagarian Sungai Dareh di Aula pertemuan Nagari Sungai Dareh pada Senin (11/1/2021)

Pengukuhan tersebut, sebagai upaya melestarikan budaya pengobatan tradisonal di Sungai Dareh.

Kegiatan pengukuhan Pengurus Pengobatan tradisonal juga hadiri oleh camat Pulau Punjung Khairul, Danramil 03/PP Mayor Caj (K) Tuti Andayani dan para undangan.

Pada kesempatan itu, Henrianto mengatakan,kegiatan pengukuhan pengurus Pengobatan tradisonal di kenagarian Sungai Dareh, merupakan langkah awal, dalam melakukan membudayakan para spiritual dalam pengobatan tradisonal.



Juga, untuk menjalin kerja sama serta silaturami dengan para medis Kesehatan setempat. “Dulu sebelum ada medis kesehatan, kita melakukan pengobatan dengan dukun atau yang sekarang disebut dengan spritual. Terutama untuk mengobati warga yang lagi sakit atau melahirkan. Tetapi dengan kemajuan zaman dan teknologi serta medis tersebut sangat berfungsi untuk pengobatan, ” ujarnya.

Saat ini ujarnya, masih ada pengobatan secara tradisonal dan melahirkan dengan dukun. Apalagi, dulunya daerah Sungai Dareh ini sangat terkenal sekali dengan kepandaian pengobatan tradisonal tersebut.

” Maka dari itu setelah banyak pertimbangan kami dari pemerintahan Nagari Sungai Dareh mengadakan Pengukuhan Para Spritual yang ada di Nagari Sungai Dareh ini,” ucap Wali Nagari Sungai Dareh Henrianto.

Sementara itu camat Pulau Punjung Khairul mengaku sangat mengapresiasi apa yang di lakukan oleh Pemerintah nagari.

” Mungkin ini yang pertama kali yang dilakukan di Kabupaten Dharmasraya. Dengan ada pengobatan taradisonal dan menjalin silaturami dengan para medis Kesehatan setempat,” ujarnya.

Dengan ada pengurusan tersebut akan mengakat seni budaya tradisonal dan modernisasi pada zaman saat ini. Nanti Nagari sungai Dareh untuk daerah percontohan seni budaya tradisonal pengobatan tradisonal ucap camat Pulau Punjung Khairul tersebut (eko)

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PON XX Papua 2021, Kontingen Sumbar : Papua Sangat Kondusif

SPIRITSUMBAR.com, Papua – Kondisi empat kluster kota dan kabupaten pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX ...