Depan - Berita Pilihan - Latihan Memasak di  Pasar Usang, Ini Trik Agar Vla Pada Bolu Tak  Melengket  Saat Dimakan
Pelatihan memasak bolu gulung di Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang

Latihan Memasak di  Pasar Usang, Ini Trik Agar Vla Pada Bolu Tak  Melengket  Saat Dimakan

Print Friendly, PDF & Email

 

Padang Panjang, Spiritsumbar.com,-  Heboh namun penuh keakraban, itulah kesan yang didapat saat  ibu ibu di  Kelurahan Pasar Usang Kota Padang panjang,Sumatra Barat belajar memasak kue dirumah  Neneng  Maisaroh, salah seorang warga di RT 08 Kelurahan tersebut, Selasa, 16/02 lalu.

Menurut  sang instruktur, Neneng Maisaroh, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya digelar sejak   akhir Januari lalu. Pertama masakan tradisional Minang katan sarikayo, dan yang kemarin  membuat cake/bolu gulung, papar  Neneng yang seharinya berusaha di bidang kuliner.

Sengaja dipilih masakan tradisional menurut  Neneng yang  pernah  mewakili Sumbar ke lomba kader  posyandu tingkat nasional,   ini berkenaan semakin dekatnya bulan suci Ramadhan dan akan disusul hari raya Idul Fitri,dimana para  ibu bisa memulai  usaha kuliner dari jenis masakan ini, atau untuk sekedar masakan  buat keluarga.

memasak katan sarikayo
Memasak  sarikayo

Selain peserta dari Kelurahan pasar Usang, khususnya RT 03,07,08,  dan RT 10 pelatihan memasak  juga melibatkan pengusaha kuliner yang tergabung di rumah BUMN. “Mereka itu  termasuk saya,  merupakan sahabat BRI.Orang orang yang selama ini dapat pembinaan dari BRI,” ujarnya saat ditanya Spiritsumbar.com

Sebenarnya pelatihan  yang  pembiayaan ditanggung oleh BRI ini tidak semata  sektor kuliner, namun sesuai permintaan masyarakat, industri kerajinan tangan, tata rias, kosmetik  dan lainnya.Bahkan dalam minggu ini “ sahabat BRI” juga akan mengadakan pelatihan gratis cara membuat peeling wajah  dan tata cara creambath rambut dan facial, tambahnya.

Di RT 08 Pasar Usang ( jembes), dua kali pelatihan memasak diikuti antusias oleh  dua puluhan  orang ibu ibu. Jelang kue masak mereka membahas  topic topic menarik untuk memajukan lingkungan sekitar, seperti  ide membuat kios bersama untuk jajanan kuliner, meningkatkan kebersihan   lingkungan dan rekreasi bersama.

Spiritsumbar.com yang hadir di antara ibu ibu tersebut ikut melihat bagaimana Neneng mempresentasikan peluang uang masuk dari masakan sederhana. Ia juga memberikan trik trik khusus agar kue terlihat cantik dipandang dan enak dimakan.  Dua duanya harus sejalan, ujarnya. Cantik saja tidak cukup, sebaliknya rasa enak tapi bentuk belepotan juga tak bakal laku, tambahnya menjelaskan.

Di pembelajaran kedua selain membuat spong cake dijelaskan juga, sebelum menaruh topping,  permukaan bolu diberi vla/krim .Fungsi vla selain untuk rasa juga  memperkuat kedudukan toping. Trik membuat vla agar tak  lengket di kerongkongan ketika dimakan  harus dimixer yang lama. Bahanya 1/4 kg   mentega putih dan ½ kaleng SKM.Suka manis boleh ditambahkan gula halus dan tambahkan air es jika adonan vla terlalu kental. Pada sesi pelatihan bolu gulung   Selasa siang itu toppingnya memakai keju parut, tapi ini bisa diganti dengan selai,meses,coklat, dan lainnya sesuai selera.

 

Pelatihan memasak bagi ibu ibu di kelurahan Pasar Usang ikut diapresiasi Lurah setempat Nov Febrianto, ketua LPM Ziko St.Batuah, ketua RT 08 Eli Fahmi, dan Sekretaris BKM,  Zona . Mereka berharap ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan  dapat dipraktekan untuk menambahkan income keluarga. (yetti harni)

 

 

 

 

 

 

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

HM. Nurnas Yakin Timsel KPID Sumbar Bekerja Profesional

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat HM Nurnas mengatakan, pihaknya mendorong ...