Minggu , 26 September 2021
Depan - Pariwisata - Budaya - Lama Terlipat, Akhirnya Gelar Datuak Rajo Mangkuto Disandang Yusuf
Wabup Tanah Datar, Zuldafri Darma menyampaikan selamat pada Yusuf Dt. Rajo Mangkuto (foto - David - Spirit Sumbar)
Wabup Tanah Datar, Zuldafri Darma menyampaikan selamat pada Yusuf Dt. Rajo Mangkuto (foto - David - Spirit Sumbar)

Lama Terlipat, Akhirnya Gelar Datuak Rajo Mangkuto Disandang Yusuf

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menghadiri acara batagak gala di Jorong Turawan Nagari III Koto bersama Ketua IKPT Jaya Osri Putra dan ninik mamak angku Datuak Salingka Turawan, Kamis (14/7/2016).

Acara Batagak Gala tersebut, dalam rangka malewakan gala Datuak Rajo Mangkuto dari suku koto kaciak Turawan III Koto. “Acara batagak gala ini adalah untuk mambangkik batang tarandam, karena gala ini sudah sekitar 6 tahun lebih tidak ada yang menyandangnya, pada hari ini akan diberikan kepada saudara Yusuf” terang Yasdi M kepala Jorong Turawan.

Ditambahkan lagi, dalam alek batagak gala ini ada tradisi dari masyarakat turawan, dimana setiap rumah membawakan sebakul nasi untuk acara tersebut. “sebagai bentuk sumbangsih dan rasa sepenanggungan serta gotong royong setiap rumah diwajibkan menyumbangkan sebakul nasi, sedangkan untuk kerbau ditanggung oleh suku yang sedang galanya dilewakan” terang Yasdi M.

Sementara itu, Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Yusuf yang sudah menyandang gelar Dt. Rajo Mangkuto. “semoga dapat menyandang amanah dan memberikan tauladan yang baik bagi kemenakannya” ujar Zuldafri.

Wabup menambahkan agar semua elemen ninik mamak yang ada di turawan khususnya maupun di Tanah Datar umumnya untuk bersama-sama menularkan adat istiadat dan budaya kepada anak kemenakannya. “minangkabau mempunyai falsafah Adat Basandi Syara’,  Syara’ Basandi Kitabbulah, disinilah peranan ninik mamak untuk bersama dan berkesinambungan mendidik anak kemenakannya untuk lebih mengenal dan mengerti budaya adat seperti pepatah petitih, alua pasambahan dan lainnya” pungkas Zuldafri. (david)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...