Depan - Berita Pilihan - KPK Tangkap Suprapto, Ini Permintaan Taslim Pada Gubernur Sumbar
Taslim Chaniago bersama pengurus PAN lainnya

KPK Tangkap Suprapto, Ini Permintaan Taslim Pada Gubernur Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Aksi jemput paksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Kepala Dinas Prasarana Jalan, Tataruang dan Pemukiman (Kadisprasjal Tarkim) Sumatera Barat (Sumbar), Suprapto bak sengatan lebah bagi masyarakat.

Baca: Tangkap Kadisprasjal Tarkim, KPK Mararah di Sumbar

Malah ada masyarakat mengaitkan dengan buruknya daya tahan berbagai proyek yang ada, lantaran belum setahun diperbaiki dan kembali berlubang. “Pantas saja jalan cepat hancur, seperti jalan Padang Painan. Hampir setiap tahun diperbaiki pada tempat yang sama, belum setahun berlubang lagi.  Tragisnya, yang disalahkan selalu kelebihan tonase. Tuhan tidak sia-sia dan memperlihatkan penyebab yang sesungguhnya. Mudah-mudahan ini digali sampai ke akar-akarnya,” ujar Yulisarman, salah seorang sopir yang selalu memanfaatkan jalan Padang-Painan, Jumat (1/7/2016).

Baca: Proyek Jalan Sumbar, KPK Tetapkan Suprapto dan Yogan Tersangka

Persoalan prasarana dalam beberapa tahun belakangan memang menjadi momok bagi masyarakat, terutama pengguna jalan. Karena, jalan yang diperbaiki mayoritas tidak berumur panjang. “Rusaknya jalan, tentu sangat merugikan, baik terhadap onderdil kendaraan maupun waktu tempuh. Bahkan resiko kecelakaan juga cukup tinggi,” ujarnya, mengaku pernah mengalami kecelakaan lantaran ada kendaraan lain yang menghindari lubang.

Sementara, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) H. Taslim Chaniago, S.Si. SH. mengaku cukup kaget mendapat informasi ditangkapnya Suprapto oleh KPK. Menurutnya, ini suatu tamparan bagi Sumatera Barat dan gubernur harus mencari akar persoalannya.

“Kapan perlu Gubernur Sumbar mengumpulkan para pejabat Sumbar dan membuka diri . Agar aparat hukum melakukan pembersihan terhadap penyakit korupsi yang telah mencoreng negeri ini,” ujar Anggota Komisi III DPR RI Periode 2009-2014  pada The Public (grup Spirit Sumbar), Kamis (1/7/2016)

Terkait dengan upaya melakukan pembelaan terhadap Suprapto, Taslim  mengatakan sah-sah saja. Karena itu sudah menjadi kewajiban pemerintah, untuk memberikan bantuan hukum pada pejabat terkena masalah hukum yang berhubungan dengan jabatannya.

“Sah-sah saja, namun yang lebih penting bagaimana upaya gubernur membantu penegakan hukum. Agar tercipta pemerintahan yang bersih dan berwibawa di tengah masyarakat,” ujarnya.

DATUAK

Terbit tiap Senin

Mereka menikmati sajian The Public dan Berita Online SpiritSumbar
Mereka menikmati sajian The Public dan Berita Online SpiritSumbar

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pertashop Hadir di Sikabu, Bupati Padang Pariaman Merasa Senang

Padang Pariaman – Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur SE MM, tampak begitu sumringah ketika meninjau ...