Beranda - Berita Pilihan - Konsumsi Meningkat, Masyarakat Sumbar Mulai Beralih ke Pertamax

Konsumsi Meningkat, Masyarakat Sumbar Mulai Beralih ke Pertamax

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Pertamina mencatat perubahan perilaku konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) masyarakat Sumbar selama AKB. Data menunjukkan konsumen cenderung beralih ke Pertamax cs, ketimbang Premium.

Hal itu sampaikan Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo, dalam pernyataan tertulis, Kamis, 15 Oktober 2020.

Menurutnya, pada triwulan III 2020, konsumsi Pertamax Turbo terjadi peningkatan rata-rata 48 persen dibanding masa pra pandemi Januari dan Februari 2020.



“Tak hanya Pertamax, konsumsi Pertamax Turbo juga menunjukkan lonjakan. Dibanding pra pandemi, BBM dengan RON tertinggi ini naik hingga 900 persen” ujarnya.

Lonjakan Pertamax Turbo, didukung dengan makin meluasnya cakupan layanan produk. Pada Desember 2019, baru tersedia 9 outlet penjualan. Kini, produk itu tersedia di 68 outlet pada 17 kabupaten kota di Sumbar.

Secara keseluruhan, konsumsi BBM jenis bensin yaitu Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo pada bulan Juli hingga September 2020 di Sumbar mencapai lebih dari 1,8 juta liter per hari. Mengekor Pertamax dan Pertamax Turbo, Pertalite mencatat kenaikan konsumsi 15 persen. Sedangkan konsumsi Premium pada triwulan ketiga adalah sebanyak 301.000 liter per hari.

Pada kategori BBM diesel, konsumen juga menunjukkan pergeseran pembelian. Konsumsi Pertamina Dex dan Dexlite di triwulan III 2020 masing-masing naik 96 dan 24 persen dibandingkan konsumsi pra pandemi. Keseluruhan konsumsi BBM jenis diesel (Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex) untuk periode Juli hingga September 2020 mencapai 1,1 juta liter. Jumlah ini meningkat satu persen dibandingkan sebelum wabah COVID-19.

Untuk mendukung masyarakat menggunakan BBM berkualitas, Pertamina pun rajin memberi program diskon menarik. Mulai 12 Oktober, konsumen bisa menghemat Rp 250 per liter untuk pembelian Pertamax. Konsumen cukup melakukan transaksi non tunai menggunakan LinkAja dari aplikasi MyPertamina, potongan pun secara otomatis berlaku saat melakukan transaksi.

Program diskon ini sendiri berlaku hingga 31 Oktober 2020. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada website mypertamina.id atau menghubungi 135. (salih)

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

50 ASN Lakukan Pelanggaran Netralitas di Pilkada 2020

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Sebanyak 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) terjebak pelanggaran netralitas pemilihan kepala daerah ...