Beranda - Pendidikan - Artikel - Komunikasi Guru Kepada Peserta Didik
Rikotmi Hasindi
Rikotmi Hasindi

Komunikasi Guru Kepada Peserta Didik

Print Friendly, PDF & Email

Menurut Sumiati dan Asra dalam bukunya Metode Pembelajaran agar tercipta hubungan baik antara guru dengan peserta didik lebih akrab dalam kondisi akademik, guru dan peserta didik seharusnya bersikap saling mengenali, bersikap terbuka, saling percaya dan menghargai dan guru bersungguh-sungguh dengan hati membimbing peserta didik.

Komukasi yang penuh hikmah , lemah lembut, penuh kasih sayang dalam proses pembelajaran sangatlah penting, baik yang dilakukan secara lisan atau tulisan sehingga tersampaikanlah apa yang dimaksud dalam proses pembelajaran tersebut. Maka penggunaan komunikasi tersebut pastilah dilakukan dalam kegitan belajar.

Penggunaan komunikasi kepada peserta didik haruslah diperhatikan kata-kata yang terucapkan sehingga komunikasi yang dilakukan memang betul-betul mendidik , bermamfaat untuk perkembangan peserta didik sebab komunikasi yang baik akan menimbulkan efek baik pula kepada peserta didik didalam mengikuti pelajaran, dan sebaliknya .



Guru yang baik adalah guru yang mengenali diri dan mampu mengendalikan dirinya dan juga mampu mengenali peserta didiknya dan memahami karakter peserta didik. Guru yang idamkan pesrta didik adalah guru yang mampu memahami mereka sehingga dengan demikian guru mampu berkomunikasi secara tepat, cepat kepada peserta didiknya.

Tiap individu peserta didik tentulah tidak sama karakternya karena mereka juga berasal dari berbagai latar belakang lingkungan sosial dan keluarga.Maka tentulah cara guru menghadapi tiap peserta didik pastilah berbeda.

<<< Sebelumnya

>>> Selengkapnya

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

50 ASN Lakukan Pelanggaran Netralitas di Pilkada 2020

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Sebanyak 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) terjebak pelanggaran netralitas pemilihan kepala daerah ...