Minggu , 29 November 2020
Beranda - Pendidikan - Artikel - Keuntungan Menggunakan Radio Edukasi Sebagai Pendukung Pembelajaran Masa Covid-19
Rikotmi Hasindi
Rikotmi Hasindi

Keuntungan Menggunakan Radio Edukasi Sebagai Pendukung Pembelajaran Masa Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Rikotmi Hasindi (Guru UPTD SMPN 1 Kec. Luak)

Semenjak virus corona mewabah kehidupan banyak berubah. Berbagai kegiatan yang dilakukan berbentuk komunitas atau dilakukan bersama-sama ditutup. Termasuk kegiatan belajar yang dilakukan secara tatap muka di sekolah .

Surat Edaran (SE) Mendikbud nomor 4 tahun 2020 memberlakukan agar kegiatan belajar dilakukan dengan jarak jauh . SE Mendikbud tersebut dengan tujuan agar kita terhindar dari virus corona .

Semenjak SE Mendikbud keluar pembelajaran jarak jauh (PJJ) diberlakukan maka kegiatan belajar dilakukan dengan menggunakan tatap maya. Berbagai aplikasi pembelajaran yang ada di internet.

Ada guru yang siap dengan kegiatan belajar seperti itu dan ada pula guru yang tidak siap sama sekali . Siap atau tidak siap, guru harus berubah mengahadapi hal tersebut, agar kegiatan belajar tetap berlangsung.



Ada satu sarana teknologi yang belum banyak sekolah memakainya yaitu radio. Radio edukasi di sekolah adalah sarana untuk memperlancar kegiatan pembelajaran di masa covid 19 ini.

Kegiatan pembelajaran saat ini hanya kebanyakan dilakukan dengan HP android, laptop. Jika ada, dengan menggunakan berbagai aplikasi-aplikasi yang saat ini sangat banyak untuk pembelajaran, pada intinya menggunakan jasa internet.

Menggunakan jasa internet tentunya banyak keterbatasan-keterbatasan bagi peserta didik dan orang tua. Mulai dari penyediaan paket atau kuota internet, jaringan yang lancar, ketersediaan listrik, HP android yang bisa digunakan untuk membuka pelajaran yang diberikan oleh guru dari sekolah.

Keterbatasan-keterbatasan itu banyak dialami oleh bagian wilayah sekolahnya agak pedalaman.Barangkali pembelajaran jika menggunakan internet tentulah terasa sulit.

Ketidaksiapan guru, peserta didik dan orang tua menghadapi hal itu pasti terjadi, karena guru dituntut untuk kreatif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan juga peserta didik harus punya HP android dan orang tua menyediakan paket internet serta jaringan harus lancar, listrik harus ada , kondisi yang baik untuk menggunakan internet di wilayah Indonesia tidaklah sama.

Melihat karena banyaknya keterbatasan yang mungkin dialami pada masa pandemi covid 19 menggunakan internet sebaiknya kita melihat keuntungan menggunakan radio sebagai pendudkung pembelajaran di masa pandemi ini, yang mungkin bisa mengatasi keterbatasan-keterbatasan di wilayah masing-masing sekolah , baik untuk guru , peserta didik ataupun bagi orang tua.

Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa Indonesia saat ini dilanda musibah covid 19 dan bukan saja Indonesia tetapi dunia, tentunya kegiatan belajar secara tatap muka tidak bisa dilaksanakan namun kegiatan belajar tetap dilaksanakan .

Maka keuntungan radio jika digunakan sekolah untuk pembelajaran sangatlah banyak keunggulan yang bisa diperoleh, sekalipun menggunakan radio hanya komunikasi satu arah. Mari kita lihat beberapa keuntungan dari radio tersebut yang digunakan untuk pembelajaran , mengatasi keluhan orang tua di masa pandemi ini, sebagai sarana pendukung melakukan kegiatan belajar:

Pertama, keuntungan bagi guru
Keuntungan bagi guru adalah guru lebih mudah menerangkan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik. Guru tidak hanya bisa memberikan lewat Whats App atau google Clasroom atau aplikasi lainnya tetapi melalui radio sekolah guru bisa menerangkan , memperjelas berbagai materi yang mungkin lebih mudah dipahami peserta didik bila dibandingkan dengan hanya diberikan melalui aplikasi yang ada di internet.

Selanjutnya , guru bisa mengajar sekaligus tanpa punya kelas-kelas . Memberikan materi pelajaran, tugas atau kegiatan pengayaan dalam satu tingkat .

Kedua ,keuntungan bagi peserta didik
Keutungan bagi peserta didik adalah peserta didik bisa mendengarkan materi, tugas atau pelajaran-pelajaran lainnya secara berkelompok tanpa banyak mengahabiskan paket atau kuota internet untuk belajar dan juga tidak harus punya HP android untuk mendengarkan radio. HP jadulpun radio bisa didengarkan materi yang diberikan oleh guru di sekolah.

Ketiga, keuntungan bagi orang tua dan
Orang tua bisa mengontrol apa yang dipelajari anaknya, tugas yang diberikan, kegiatan yang akan dilaksanakan ditiap mata pelajaran.
Orang tua bisa juga menambah ilmu pengetahuan dari materi yang disampaikan oleh guru di siaran radio tersebut.

Keempat,keutungan bagi masyarakat umum yang mendengarkan
Masyarakat juga bisa memperhatikan perkembangan sekolah tersebut sehingga bisa memberikan masukkan yang positif kepada sekolah terhadap materi yang disampaikan.

Keuntungan menggunakan radio sekolah sebagai pendukung kegiatan belajar di masa pandemi covid 19 adalah alternatif agar kegiatan belajar tidak punya mengalami keterbatasan-keterbatasan didalam menyampaikan pembelajaran oleh guru kepada peserta didik. Sebab radio merupakan teknologi yang mampu memberikan pengiriman sinyal dengan cara modulasi radiasi elektromagnetik.

Melintasi dengan merambat melewati udara dan merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara karena gelombang radio tidak memerlukan medium pengangkut seperti molekul udara (Wikipedia)

Dengan demikian jelaslah bahwa radio bukan hanya digunakan untuk komersil tetapi untuk kegiatan belajar sangatlah membantu di masa pandemi Covid 19 ini, sehingga peserta didik maju indonesiapun maju.

Semoga wabah virus yang melanda dunia, khususnya di Indonesia cepat berlalu sehingga pembelajaran jarak jauh berubah menjadi pembelajaran seperti semula, bertatap muka didalam kelas bukan lagi bertatap muka di dunia maya atau menciptakan kelas di udara.

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dalam kegiatan FGD dengan tema "Implementasi Peran dan Tugas DPD RI Dalam Rangka Pemantauan dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah dan Peraturan Daerah" di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah

Mahyudin: DPD RI Punya Peran Strategis Dalam Pembentukan Hukum Pusat dan Daerah

SPIRITSUMBAR.COM, Kalimantan Tengah – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan DPD RI memiliki peran yang ...