Depan - Pendidikan - Artikel - Keselarasan Kehidupan dari Kembang Bulan
Edy Nuryani Saputro
Edy Nuryani Saputro

Keselarasan Kehidupan dari Kembang Bulan

Print Friendly, PDF & Email

Oleh :Edy Nuryani Saputro (Guru SMKN.1 Koto Baru, Kab. Dharmasraya)

Kembang bulan, tumbuhan dengan banyak nama seperti kayu paik (Minang), kipait (Sunda), harsagawa atau rondose-moyo (Jawa), mexican sunflower (Inggris), tumbuhan ini akan terasa sangat pahit apabila kita gigit.

Kembang bulan, yang dalam ilmu botani dikenal dengan namaTithonia diversifolia (Hemsley) termasuk tumbuhan perdu bersuku Asteraceae ini. Tumbuhan ini dahulunya sangat mudah dijumpai disepanjang jalan lintas Sumatera, terutama ketika kita memasuki daerah yang memiliki ketinggian tempat dari permukaan laut termasuk dataran menengah hingga dataran tinggi.Tumbuhan ini memiliki bunga yang mirip dengan bunga matahari, Cuma saja ukurannya lebih kecil menyemarakkan indahnya alam.

Tahukah kita, ada segudang manfaat dari keberadaan kembang bulan.baik manfaat langsung bagi manusia, maupun manfaat tidak langsung. Manfaat yang diberikannya seperti untuk obat luka, meredam luka memardan sebagai obat sakit perut kembung.Tumbuhan ini juga memiliki peluang ekonomis karena bisa dijual sebagai pengembangan dalam industri farmasi.

Tanaman kembang bulan ini  mengandung senyawa kimiawi  yang didalamnya terdapat terpenoid danflavonoid.Dengan adanya senyawa flavonoid yang terkandung dalam tumbuhan kembang bulan memiliki kemampuan untuk menghambat proliferasi sel kanker.

Flavonoid tidak lain adalah golongan senyawa bahan alam dari senyawa fenolik yang banyak merupakan pigmen tumbuhan. Fungsi flavonoid ini dalam tubuh manusia adalah sebagai anti oksidan.Sehingga dengan fungsinya ini flavonoid sangat baik untuk pencegahan kanker. Manfaat flavonoid antara lain adalah melindungi struktur sel, sebagai peningkat efektifitas vitamin C, mencegah peradangan (antiinflamasi), mencegah keropos tulang, dan sebagai antibiotik.

Dalam perannya sebagai antibiotik flavonoid bekerja langsung dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus.Fungsi flavonoid sebagai antivirus sudah banyak dipublikasikan termasuk untuk virus HIV dan herpes.Setelah melalui penelitian-penelitian muktahir, akhirnya terungkap bahwa flavonoid tidak hanya berfungsi sebagai pencegah kanker namun juga untuk pengobatan kanker.

Pada bidang pertanian tumbuhan kembang bulan mengandung banyak manfaat.Hasil pemangkasannya dapat dimanfaatkan bagi pemulsaan (mulching) yaitu menutupi permukaan tanah disekeliling tanaman.Pemulsaan menggunakan kembang bulan mempunyai beberapa keunggulan; selain untuk mencegah erosi, menjaga suhu dan kelembaban tanah; juga untuk mengurangi pemadatan tanah oleh terpaan hujan. Selain itu juga dapat mencegah serangan hama tanaman.

Karena mudah melapuk tumbuhan ini juga dapat diberikan sebagai pupuk hijau, yaitu hasil pemangkasannya dibenamkan bersamaan saat mencangkul atau membajak tanah.Juga dapat dibuat sebagai kompos. Terlebih bahwa kadar hara dari tumbuhan ini tergolong tinggi diantara tumbuhan lain; unsur hara Nitrogen (N) 1,76 %, phospor (P) 0,82 % dan kalium (K) 3,92 %.

Tumbuhan kembang bulan juga potensial menjadi pestisida organik. Untuk mendapatkan cairan pestisida kembang bulan, dapat dilakukan metode ekstraksi secara alamiah melalui proses pelapukan (dekomposisi) dalam sebuah wadah yang bagian bawahnya dibuat dapat mengalirkan cairan ekstrak.

Secara sederhana dapat dibuat kotak terbuat dari papan kapasitas 1 m3.Bagian bawah dari kotak dibuat konstruksi prisma atau cekungan, agar cairan hasil dekomposisi mudah ditampung dan dialirkan kedalam ember.Bagian atas dari kotak diberikan penutup agar terhindar dari air hujan.

Selanjutnya:  Keselarasan Kehidupan dari Kembang Bulan (2)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Eliga Fitria

Tips dan Trik Menghadapi AKM

Oleh : Eliga Fitria (Guru SDN 07 Pandam Gadang) Mulai tahun 2021 Ujian Nasional (UN) ...