Kamis , 23 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Keracunan Ikan Tongkol, 87 Warga Talu Masuk Puskesmas
Bupati Pasaman Barat H. Yulianto saat mengunjungi Pasien Puskesmas Talu yang dirawat akibat keracunan Ikan Tongkol yang terjadi Rabu (11/3/2020).
Bupati Pasaman Barat H. Yulianto saat mengunjungi Pasien Puskesmas Talu yang dirawat akibat keracunan Ikan Tongkol yang terjadi Rabu (11/3/2020).

Keracunan Ikan Tongkol, 87 Warga Talu Masuk Puskesmas

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pasaman Barat – Bupati Pasaman Barat (Pasbar) H. Yulianto, SH., MM., kunjungi Pasien Puskesmas Talu yang dirawat akibat keracunan Ikan Tongkol yang terjadi Rabu (11/3/2020).

Dalam kunjungan itu, bupati didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Jhon Ardi serta sejumlah OPD, kamis (12/3/2020).

Bupati Pasbar H. Yulianto memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak Puskesmas Talu yang bekerja cepat tanggap dalam menangani para pasien keracunan ikan tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak polsek dan pihak kenagarian yang berkeliling memberi himbauan kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi ikan yang mereka beli siang pada hari kejadian.


Artikel Lainnya

loading…


“Kepada masyarakat saya juga menghimbau agar lebih hati-hati dan waspada membeli makanan. Jangan hanya membeli karena harga murah tapi perhatikan standar kesehatannya, selain itu mari kita saling mengawasi hal-hal yang akan menimbulkan bahaya untuk kita, ” himbau bupati.

Bupati juga meminta kepada pihak Puskesmas untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar membeli makanan yang segar dan memenuhi standar kesehatan. ungkapnya

Sementara, Kadis Kesehatan Jhon Ardi melalui Kepala Puskesmas Talu Sahri Elva, S.S.T., mengatakan bahwa sampai siang tadi total pasien mencapai 87 Orang, namun semua bisa diatasi dan tidak ada yang dirujuk, semuanya sudah Pulang, yang tinggal hanya 3 Orang yang dirawat dan salah satunya Balita.
“Saat ini pasien yang tinggal hanya 3 orang dan kondisi mereka juga sudah mulai membaik”, tambahnya.

Terkait Ikan Tongkol yang telah di Uji Labor bahwa ikan tersebut terbukti mengandung Formalin.

“Sampel Ikan yang kita ambil semalam (11/3) hari ini (12/3) telah kita uji dan terbukti mengandung Formalin, namun untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat nanti sampelnya akan kita kirim ke Padang untuk diteliti”, ujar Sahri Elva.

Sementara Camat Talamau Ezy Zein saat dikonfirmasi Via telpon mengatakan akan membuat edaran agar masyarakat lebih waspada dan hati-hati dalam membeli makanan.

Camat juga akan melakukan Razia gabungan ke setiap Pasar yang ada di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat mulai Selasa Depan.

“Kita akan lakukan Razia Gabungan dengan Pihak-pihak terkait termasuk Pihak Polsek ke Pasar-Pasar, karena ini adalah salah satu langkah kita untuk mencegah kejadian seperti saat ini”, ucap Camat. (SY)



 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...