Beranda - Pendidikan - Artikel - Kepsek Kepemimpinan Masa Covid-19
Harnieti
Harnieti

Kepsek Kepemimpinan Masa Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Harnieti (Kepala UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak)
Semakin mewabahnya virus Corona atau yang dikenal dengan covid-19, menyebabkan berubahnya haluan pendidikan dari sistim pembelajaran konvensional ke sistim daring (dalam jaringan).

Menyangkut bidang pendidikan, maka salah satu metode yang dapat diberlakukan saat ini adalah dengan melaksanakan pembelajaran daring (dalam jaringan).

Pelaksanaan pembelajaran daring dimulai sejak keluarnya surat edaran resmi dari pemerintah nomor 4 tahun 2020. Kebijakan ini ditindaklanjuti di berbagai daerah dengan pola yang serupa.

Adapun tujuan dari kebijakan pemerintah dalam mengeluarkan surat edaran tersebut adalah rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.



Terlaksananya pembelajaran daring karena adanya dukungan kemajuan teknologi saat ini. Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu perangkat yang dapat dimanfaatkan saat ini adalah HP android.

Selain itu juga memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada Sehingga mampu menghubungkan antara guru dengan siswanya dalam satu jaringan.

Walaupun banyak kendala dan tantangan dalam pembelajaran daring saat ini, setidaknya kita diperkenalkan dengan model pembelajaran baru. Baik guru maupun siswa. Barangkali sistim pembelajaran seperti ini telah banyak sebelumnya dipakai di luar negeri.

Namun yang terpenting adalah dalam pelaksanaan pembelajaran daring, tetap mampu menerapkan nilai sikap yang baik bagi siswa. Dalam hal ini dituntut pembelajaran yang dirancang agar mampu mengemukan sisi siswa sebagai manusia. Jangan sampai pembelajaran daring menghasilkan manusia robot yang tidak punya sisi kemanusiaan.

Banyaknya kendala dan permasalahan sehubungan dengan pembelajaran daring pada masa covid-19 ini, maka dibutuhkan peran kepsek sebagai pemimpin pembelajar.



Berdasarkan permendikbud nomor 15 tahun 2018 maka tugas pokok seorang kepala sekolah antara lain manajerial, kewirausahaan dan supervisi. Pertanyaannya, apakah kepala sekolah dapat melaksanakan tugas tersebut pada masa stay at home atau Work From Home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini.

Semua itu tentu butuh trik dan cara tertentu. Sebagai supervisor kepala sekolah harus mengetahui sejauh mana guru mampu melaksanakan pembelajaran dengan memakai sistem daring. Bagaimana strategi yang dilaksanakan guru. Serta kendala-kendala yang ada selama pelaksanaan pembelajaran daring.

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>

 



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bupati Solok Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke 74

Spiritsumbar.com, Arosuka – Bupati Solok,Gusmal SE MM menghadiri sekaligus ikut upara Hari Bhayangkara ke 74 secar Virtual ...