Senin , 21 September 2020
Beranda - Pendidikan - Artikel - Kepsek Kepemimpinan Masa Covid-19
Harnieti
Harnieti

Kepsek Kepemimpinan Masa Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Selain itu, saat ini sekolah juga dihadapkan dengan penentuan kelulusan bagi siswa kelas IX. Dalam hal ini tentu saja akan banyak berbagai hal yang perlu disiapkan sekolah, seperti melaksanakan rapat kelulusan, entry nilai dan penulisan ijazah nantinya.

Dalam situasi normal, barangkali ini bukan suatu hal yang sulit. Tetapi dalam masa darurat saat ini tentu butuh kepiawaian seorang kepala sekolah dalam menyikapinya. Seorang kepala sekolah harus mampu melakukan pendelegasian tugas secara tepat. Mampu mengkoordinir agar kegiatan tersebut betul-betul bisa terlaksana dengan baik.

Dalam hal menyikapi kelulusan siswa saat ini juga butuh kreativitas seorang kepala sekolah dalam menyikapinya. Berdasarkan Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019, bahwa perilaku dan sikap menjadi salah satu syarat kelulusan bagi siswa di akhir jenjang pendidikannya. Ada tiga syarat kelulusan yang ditetapkan dalam permendikbud tersebut antara lain.

Pertama, menyelesaikan seluruh program pembelajaran. Kedua, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik. Ketiga, mengikuti UN dan US. Berkaitan dengan point nomor tiga, saat ini tetntu tidak bisa dijadikan sebagai acuan. Sebab adanya kebijakan pemerintah untuk membatalkan pelaksanaan UN sehubungan dengan wabah yang sedang melanda.


Menyikapi hal ini pemerintah daerah, dalam hal ini dinas terkait telah mengeluarkan kebijakan yang dapat dijadikan acuan bagi sekolah dalam menentukan kriteria kelulusan bagi siswanya. Namun sehubungan dengan penentuan kelulusan siswa tetap diputuskan melalui rapat dinas dewan guru.

Saat ini kepala sekolah dapat merancang inovasi pelaksanaan rapat secara virtual. Seorang kepala sekolah dapat saja meminta bantuan guru TIK dalam merancang sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan seluruh guru untuk dapat berinteraksi pada saat tertentu.



Hal ini dibutuhkan agar rapat penentuan kelulusan maupun kenaikan kelas bagi siswa kita tetap dapat terlaksana dengan baik.Artinya kepemimpinan seorang kepala sekolah saat ini dapat berjalan dengan baik apabila mampu untuk:

  1. Merencanakan kegiatan sekolah berdasarkan prioritas.
  2. Mampu mendelegasikan setiap tugas dengan baik.
  3. Mampu mengelola dan melaksanakan pengawasan dari setiap tugas yang diberikan.
  4. Mampu berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada.
  5. Mampu menjalin komunikasi multi arah atau berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terkait. Seorang kepala sekolah harus melek IT atau cakap tekonologi. Sebab dalam pendidikan era 4.0 saat ini mengharuskan kepala sekolah melek teknologi dan memiliki skill penguasaan IT yang baik. Semoga musibah ini cepat berlalu.

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>

 



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Siburman Rajo Hitam Dinobatkan Menjadi Raja Adat Air Haji

Spiritsumbar.com, setelah lama balipek (berlipat), akhirnya Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, ...