Senin , 21 September 2020
Beranda - Pendidikan - Artikel - Kepsek Kepemimpinan Masa Covid-19
Harnieti
Harnieti

Kepsek Kepemimpinan Masa Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Seorang kepala sekolah juga dituntut mampu mencarikan solusi jika ada kendala yang dihadapi oleh guru-gurunya. Kepala sekolah semestinya dapat meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap guru dalam pelaksanaan tugasnya.

Sehubungan dengan kewirausahaan, salah satu hal yang dapat dilakukan kepala sekolah adalah dengan menciptakan pembahrauan-pembaharuan dengan memamfaatkan peluang-peluang yang ada.

Peran kepala sekolah angat penting dalam agar proses kegiatan dapat terlaksana dengan baik, terutama pada masa darurat saat ini. Dituntut inovatif dalam mencari peluang dan solusi. Serta mampu berkolaborasi dengan berbagai unsur terkait secara harmonis sehingga keutuhan sekolah tetap terjaga.

Kepemimpinan seorang kepala sekolah betul-betul diuji saat ini. Bagaimana ia tetap bisa menggerakkan agar sistim tetap dapat berjalan. Walaupun pada saat pandemic saat ini sekolah tetap memiliki kewenangan (authority), kewajiban (responsibility) dan pengelolaan (accountability).


Dalam hal pelaksanaan pembelajaran, maka sebagai seorang pemimpin pembelajar kepala sekolah hendaknya mampu menggerakkan, membimbing dan mengarahkan seluruh guru secara baik sehingga pelaksanaan pembelajaran saat pandemic ini tetap bisa berjalan dengan efektif.

Merupakan kewenangan seorang kepala sekolah dalam menentukan kebijakan yang tepat untuk itu. Tentu saja dengan memperhatikan berbagai pertimbangan yang tepat.



Disamping itu, pada masa ini sekolah juga akan dihadap dengan penerimaan calon peserta didik baru (PPDB). PPDB Saat ini tentu saja sedikit berbeda dari yang sudah-sudah. Akan tetapi pelaksanaannya tentu saja tetap mengacu kepada aturan yang ada. Sekolah dapat menentukan syarat-syarat tertentu dalam penerimaan PPDB. Dalam hal ini tentu butuh cara yang tepat agar pelaksanaan PPDB pada masa pandemic ini tetap bisa berjalan dengan baik.

Berbagai cara perlu dipikirkan sehingga sekolah tidak kehilangan calon peserta didik barunya. Butuh inovasi dari seorang kepala sekolah dalam hal ini. Diantaranya yang dapat dilakukan adalah dengan membuka pendaftaran secara online, menyebarkan brosur dan formulir pendaftaran, atau pun membagi guru untuk bertugas sebagai panitia sesuai daerah masing-masing.

Artinya kepala sekolah dapat menggerakan guru-guru agar berpartisiapsi aktif dalam menyebarkan informasi dan melaksanaan PPDB di daerah tempat tinggalnya. Kemudian menunjuk salah seorang guru untuk dapat merekap jumlah calon peserta didik yang telah mendaftar. Atau pun strategi lain yang cocok.

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>

 



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Siburman Rajo Hitam Dinobatkan Menjadi Raja Adat Air Haji

Spiritsumbar.com, setelah lama balipek (berlipat), akhirnya Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, ...