Minggu , 19 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Kepala Sekolah Ninik Mamak
Feri Fren
Feri Fren

Kepala Sekolah Ninik Mamak

Print Friendly, PDF & Email

Untuk lebih dipahami, sekolah bukanlah milik kepala sekolah seperti halnya sebuah perusahaan yang semua dana dan pengelolaannya ditanggung oleh sang pemegang saham. Siapa karyawan yang akan dipakai dan diberhentikan tergantung pada si pemegang saham.

Berbeda halnya dengan sekolah, sekolah adalah milik pemerintah, dimana semua pegawai dan guru sebagai pengelolanya di berikan SK (surat keputusan) oleh pemerintah dengan segala hak dan kewajiban yang melekat padanya untuk bertugas di sana.

Seorang kepala sekolah harus bisa memposisikan dirinya sebagai pegawai pemerintah. Kepala sekolah diharapkan sebagai pelindung dan pemberi kenyamanan dalam bekerja bagi semua pegawai dan gurunya. Kalau di minangkabau seorang kepala sekolah yang bagus harus bisa bertindak sebagai seorang ninik mamak di sekolahnya.

Kepala sekolah ninik mamak ibaratnya, ba alam lapang basaku-saku gadang, ka pai tampek batanyo, ka pulang tampek babarito. Bak baringin di tangah padang, ureknyo tampek baselo, batangnyo tampek basanda, dahannyo tampek bagantuang dan daunnyo tampek bataduah.

Seorang kepala sekolah harus sadar bahwa kesuksesannya sangat tergantung pada seluruh warga sekolah yang ada. Oleh karena itu, karakteristik pribadi kepala sekolah sangat memainkan peranan yang sangat penting dalam mencapai kesuksesannya dan meningkatkan mutu sekolah yang dipimpinnya.

Kualifikasi kepribadian seorang kepala sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain, intelegensi yang baik, kestabilan emosi, spiritual dan  kepedulian. Kepala sekolah harus dapat menghadapi dan menangani masalah secara cepat dan tepat, agar tidak mengganggu iklim kerja sekolah yang dipimpinnya. Apabila iklim kerja sudah tidak kondusif, mustahil kinerja akan bisa terwujud secara optimal. Akhirnya, mutu sekolah yang dipimpinnya tidak dapat ditingkatkan. Sekolahnya akan selalu berada dalam suasana staknasi dan sulit untuk berkembang dan bersaing dengan sekolah lain.

Seorang kepala sekolah harus terbuka dan mau menerima saran serta kritikan yang sifatnya membangun dari semua pihak. Kepala sekolah ninik mamak akan bersikap konstruktif terhadap situasi yang sedang berjalan, suasana yang menjengkelkan, mencemaskan, menakutkan, prasangka dan dendam.

Kita kayaknya perlu juga meninjau dunia sana kata N.H Dini, seperti yang dilakukan oleh masyarakat di negara-negara maju. Misalnya ketika kita memasuki sebuah super market atau toko, lalu kita menemukan sebuah barang dagangan yang sudah kadaluarsa, kita laporkan kepada pemilik tokonya, maka kita akan diberikannya penghargaan dan mendapatkan hadiah.

Menurut pandangan mereka yang sudah berfikiran maju, apabila barang dagangan tadi dibeli oleh pelanggannya, tentu mereka akan merasa kecewa, kekecewaan pelanggan merupakan malapetaka besar bagi perusahaannya.

Kepala sekolah yang bijaksana akan cepat tanggap terhadap keinginan warga sekolahnya. Bak ibarat pepatah minang mengatakan “alun bakilek alah bakalam, takilek ikan dalam aia, alah tantu jantan batinonyo”. Begitulah seharusnya sikap seorang kepala sekolah ninik mamak terhadap masalah-masalah yang terjadi di sekolahnya, sehingga keberadaan dirinya sebagai seorang kepala sekolah akan bisa menjadi embun penyejuk bagi semua warga sekolah yang dipimpinnya.

Dimata pegawai dan guru, kepala sekolah ninik mamak harus bijaksana dan cepat tanggap, tidak memihak, memiliki sikap positif, optimis, jujur, transparan, berpegang teguh pada keputusan yang diambil, pengertian dan tepat waktu dalam mengunjungi kelas, menerima perbedaan pendapat, memiliki rasa humor, memahami tujuan pendidikan, dapat diterima keberadaannya oleh semua warga sekolah, memiliki pengetahuan tentang kurikulum dan metode mengajar, mampu menjadi contoh dalam mengajar dan memimpin, memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat, memiliki toleransi, memberi kebebasan untuk berkreasi dan manusiawi.

Itulah sosok kepala sekolah ninik mamak yang dirindukan oleh semua warga sekolah di sekolah, apakah hal ini akan bisa terwujud? semoga.

Sebelumnya : Kepala Sekolah Ninik Mamak

Sebelumnya    [ 1 ]   [ 2 ]   Selanjutnya

iklan Bendera marawa ok

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Adrian Tuswandi

2M2P dan 5K Penilaiaan KIP Badan Publik

Oleh : Adrian Tuswandi (Komisioner Komisi Informasi Sumbar 2014-2023) Masa memonitoring dan evaluasi (Monev) Keterbukaan ...