Depan - Pendidikan - Artikel - Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan Pendidikan
Ida Rosiani 
Ida Rosiani 

Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan Pendidikan

Print Friendly, PDF & Email

Hal ini membuktikan bahwa peran kepala sekolah sebagai motivator sangatlah besar dampaknya terhadap keberhasilan mutu dan kualitas seluruh elemen masyrakat sekolah yang dipimpinnya.

Peran guru juga sangat penting dalam menggerakkan dan memotivasi para siswanya melakukan aktifitas literasi. Baik itu dilakukan di kelas, di perpustakaan, dan tempat lainnya.

Kepala sekolah sebagai pemimpin instruksional menggerakkan semua personel dan potensi sekolah untuk mendukung sepenuhnya kegiatan literasi.

Supervisi
Kepala sekolah dituntut untuk menjadi individu yang lebih objektif dan juga adil dalam melakukan pengawasan. Baik pemberian sanksi, hukuman, ataupun reward kepada setiap perangkat sekolah.

Kepala SMAN 1 Timpeh dalam pengawasan harus menyusun aturan dan juga tata tertib bagi guru, staff, dan juga murid secara adil dan objektif. Memberikan sanksi tegas dan nyata kepada seluruh perangkat sekolah yang melanggar peraturan.

Menjaga agar setiap perangkat sekolah, seperti guru, staff dan juga murid dapat membawa nama baik dan juga martabat sekolah ketika berada di luar lingkungan sekolah.

Program GLS yang sedang berjalan dipastikan kepala sekolah tidak gagal ditengah jalan. Program literasi yang belum berjalan akan dipastikan dapat dilaksanakan dengan segenap cara dan upaya berbagai pihak tahun depan harus tercapai seperti pembuatan buku kumpulan puisi, cerpen dan cerita rakyat siswa yang dilombakana serta Kumpulan makalah cita-cita siswa (buku student dreams) yang belum berhasil dilakukan tahun ini.

Kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan pendidikan di sekolah dengan memiliki strategi yang efektif untuk memberdayakan guru sebagai model dan membimbing peserta didik dalam upaya meningkatkan minat membaca dan menulis bagi masyarakat sekolah.

Manajemen Kepala sekolah harus merangkul semua unsur agar menciptakan lingkungan yang literat. SMAN 1 Timpeh telah banyak memberi dukungan terhadap gerakan literasi nsional.

Semoga kedepannya SMAN 1 Timpeh dapat menghasilkan karya karya besar dari seluruh elemen sekolah untuk kemajuan bangsa Indonesia dan mewujudkan insan penuh kepedulian terhadap lingkungan.

<<< Sebelumnya

Selengkapnya >>>

 ➊    ➋    ➌    ➍    ᴀʟʟ

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

KI Jabar : Kalau Bersih Kenapa Risih

SPIRITSUMBAR.com, Bandung  – Keterbukaan informasi (KI) di Jabar masih sama dengan daerah lain, masih terus ...