Jumat , 17 September 2021
Depan - Headline - Keceriaan Pesona Sumpu di Festival Danau Singkarak
Bupati bersama anggota DPR RI dan undangan lainnya menabuh gendang pertanda festival dibuka secara resmi
Bupati bersama anggota DPR RI dan undangan lainnya menabuh gendang pertanda festival dibuka secara resmi

Keceriaan Pesona Sumpu di Festival Danau Singkarak

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Batipuh Selatan – Pariwisata menjadi faktor unggulan untuk memperoleh pendapatan daerah Kabupaten Tanah Datar, Istano Pagaruyung menjadi unggulan teratas. Namun ada beberapa objek unggulan lainnya yang tak kalah indah dan memanjakan mata memandang seperti Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan.

loading…


Berbagai kegiatan atraksi kesenian dan budaya untuk menarik minat para wisatawan tidak berhasil apabila keindahan alam tidak terjaga, Karenanya Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi meminta kepada masyarakat dan OPD terkait untuk mengawasi masyarakat agar tidak membangun bangunan ataupun tempat usaha di pinggiran danau yang akibatkan keindahan alam danau Singkarak tidak indah lagi.

Hal ini disampaikan Bupati Irdinasnyah Tarmizi pada acara pembukaan Festival Danau Singkarak yang bertemakan Pesona Sumpu di Batu Baraguang Nagari Sumpu Kecamatan Batipuh Selatan dihadapan anggota DPR RI Ny. Betty Shadiq, anggota DPRD Afrizal Mutua, Forkopimda, Sekda Hardiman, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah, OPD, Camat, Wali Nagari dan undangan lainnya, Minggu (1/7/2017).

“Hal itu harus menjadi perhatian utama bagi kita semua, apalagi Sumpur mempunyai banyak potensi wisata, seperti wisata kuliner dengan pangek sumpu, panganan bilih, singgang, randang dan banyak lainnya. Wisata pemandangan alamnya tidak perlu diragukan lagi disamping keberadaan Rumah Gadang Siti Fatimah” ujar Irdinansyah.

Terlepas dari itu, ujar Irdinansyah, ia memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh masyarakat dan panitia acara yang telah menggagas kegiatan Festival Danau Singkarak ini. “Acara ini sangat berarti dan mempunyai arti positif guna meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar, Saya rasa kegiatan ini cukup sukses dan mari kita agendakan untuk menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Kamrita laporkan, dalam festival danau Singkarak mempunyai tema Pesona Sumpu dan laksanakan berbagai atraksi wisata dan berbagai lomba.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari tanggal 1 dan 2 Juli diisi dengan lomba seni dan budaya anak nagari, pacu biduak, dekorasi dan modifikasi biduak, fotografer, mancing dan beberapa lomba lainnya dengan total hadiah jutaan rupiah” pungkasnya. (DJ Putra)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Artikel lainnya:

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PN Pulau Punjung Vonis Mantan Anggota DPRD Dharmasraya 5 Tahun Penjara

SPIRITSUMBAR.com, Dharmasraya – Pengadilan Negeri (PN) Pulau Punjung, jatuhkan vonis 5 tahun penjara pada Mantan ...