Minggu , 19 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Kalahkan ITB dan IPB, Mahasiswa Unand Asal Pessel Torehkan Prestasi, Tingkat Nasional
Refan Rahmaddiansyah
Refan Rahmaddiansyah

Kalahkan ITB dan IPB, Mahasiswa Unand Asal Pessel Torehkan Prestasi, Tingkat Nasional

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unand, Refan Rahmaddiansyah, berhasil menjadi kampiun Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Sarjana Tingkat Nasional Tahun 2021, yang digelar oleh Kemendikbudristek) pada 7-9 September 2021.

Prestasi putra Batang Kapas, Pesisir Selatan, kelahiran 10 Juli 2000, merupakan kado untuk Unand, dimana Senin 13 September 2021 akan memperingati Dies Natas ke-65, Lustrum XIII dan istimewa peluncuran PTNBH yang akan dihadiri Presiden RI Jokowi secara virtual.

“Prestasi ini merupakan yang pertama kali diperoleh Unand sejak pelaksanaan Pilmapres pertama tahun 1986. Capaian ini menjadi kebanggaan, sekaligus kado bagi Unand yang akan memperingati Dies Natalis, Lustrum dan peluncuran PTNBH,” ujar Rektor Unand Prof Yuliandri, di saat konferensi pers bersama wartawan, Jumat (10/9/2021).

Wakil Rektor III, Ir. Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D. menyampaikan bahwa capain ini merupakan catatan sejarah bagi Unand, karena beberapa kali masuk final Pilmapres, tapi tidak pernah juara.

“Tahun ini kita lakukan evaluasi, semua perlombaan tingkat nasional langsung dikoordinir bidang kemahasiswaan universitas. Kita bentuk tim pendamping, Alhamdulilah kita langsung juara satu pada Pilmapres 2021 ini,” ujarnya.

Adapun Refan berhasil keluar sebagai pemenang dengan menyisihkan 642 peserta dari seluruh Indonesia dengan mengusung tema Gagasan Kreatif, fokus pemanfaatan gambir sebagai obat kanker paru.

“Refan yang sejak tahun 2018 memenangi 53 perlombaan tingkat internasional dan nasional berhasil memukau para juri,” ungkap Nanuk, sapaan akrab mantan Dekan Fakultas Teknik Unand ini.

Refan sebagai duta Unand pada Pilmapres 2021 ini didampingi oleh tim yang diketuai Haiyyu Darman Moenir yang merupakan Wakil Dekan III Fisip Unand.

Tim pendamping ini mempersiapkan Refan mulai dari persiapan naskah hingga diskusi-diskusi di babak final. Tim pendamping bekerja all out untuk memenangkan Refan.

“Semua kebutuhan Refan kami fasilitasi, pertama kalinya motode ini kami terapkan,” ujar Haiyyu Darman Moenir

Selanjutnya : Mencengangkan, Ini Kiprah dan Prestasi Refan 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...