Selasa , 21 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Kadisdikbud Pasbar Buka Sosialisasi Program Sekolah Penggerak

Kadisdikbud Pasbar Buka Sosialisasi Program Sekolah Penggerak

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Pasaman Barat – Berbagai upaya dilakukan pemerintah, demi terciptanya generasi yang berkualitas dan berdaya saing. salah satunya, dengan menciptakan program sekolah penggerak.

Hal ini juga, sejalan dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31, menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

Amanat UUD ’45 tersebut menjadi landasan kebijakan wajib belajar dalam rangka penyediaan kesempatan bagi masyarakat. Hntuk mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas.

Dalam rangka penyediakan pendidikan yang berkualitas bagi semua warga negara, diperlukan program yang mendorong sekolah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Dalam implementasinya dilakukan secara holistik guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang berfokus pada literasi membaca, serta karakter.
Sebagai tindak lanjutnya perlu diawali dengan peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru.

Hal ini sejalan dengan konsep bahwa kualitas dari suatu sistem pendidikan tidak akan dapat melampaui dari kualitas gurunya. Untuk itu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Barat mengadakan sosialisasi program sekolah penggerak.

Kegiatan untuk angkatan kedua dilaksanakan pada hari selasa tanggal 27 Juli 2021 yang tersebar di 6 kabupaten/kota. Yakni, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan dan kota Pariaman.

Untuk Kabupaten Pasaman Barat yang bertempat di SMPN 1 Luhak Nan Duo, LPMP Provinsi Sumatera Barat menurunkan tim sebanyak tiga orang. Terdiri dari Feri Fren, Ariasdi, dan Ritayenis.

Menurut laporan Kepala Bidang Sekolah Dasar Drs. Zulkifli, M.Pd, peserta yang hadir sebanyak 50 orang. Terdiri dari, kepala sekolah dan pengawas dari jenjang TK, SD, dan SMP serta unsur dari Dinas Pendidikan.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Pasaman Barat Drs. Prayana Yose, M.Si dalam membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan kepada semua peserta untuk dapat menyikapi segala macam bentuk perubahan dalam dunia pendidikan. “Agar kita bisa sejajar dengan Kabupaten/Kota lain di Sumatera Barat,” tegasnya.

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Derita Lumpuh, Irwan Basir Saluran Bantuan pada Yeni Asma

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Bentuk kepedulian sosial, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo ...